Anjuran Rasulullah untuk Menanam Tanaman

Reading Time: < 1 minute

Di era yang serba modern ini, sering kali manusia terjebak pada kemudahan teknologi tanpa benar-benar lagi menghormati alam.

Setidaknya, jika Anda hidup diperkotaan minimal tidak membuang sampah sembarangan itu sudah sangat bagus. Tapi, lebih bagus lagi jika Anda mulai belajar menanam.

Menanam tanaman bisa dimana saja, seperti ladang, kebun, sawah, atau bahkan di depan rumah Anda pun bisa. Karena sejatinya menanam adalah anjuran Rasulullah.

Dari Jabir bin Abdullah RA, dia bercerita bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Tidaklah seorang Muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR Imam Muslim)

Kemudian, dari Anas bin Malik Rodhiyallahu ‘Anhubahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian pohon/ tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Bukhari)

Banyak yang bisa Anda dapatkan ketika menanam. Selain menyehatkan, Anda juga bisa membuat orang lain merasa sejuk karena oksigen yang dikeluarkan tanaman.

Bahkan makhluk lain pun, seperti binatang juga bisa mendapatkan makanan dari tanaman Anda, atau malah menjadi rumah bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang. (Arthur)

Recommended For You

Tulis Komentar