Perbedaaan Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Share artikel ini

Reading Time: < 1 minute

Metamorfosis dibagi menjadi dua (2), yaitu metamormosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sendiri adalah proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.

Perubahan fisik terjadi terjadi akibat pertumbuhan sel dan diferensiasi sel yang secara radikal berbeda. Adapun tahapan atau fase dari metamorfosis, adalah sebagai berikut:

Metamorfosis sempurna biasanya diawali dengan telur, lalu nimfa, pupa, dan berakhir pada imago. Sedangkan, metamorfosis tidak sempurna diawali dengan telur, lalu nimfa dan berakhir dengan imago (tanpa melalui fase pupa atau kepompong).

Fase Pupa adalah masa peralihan antara fase larva menuju imago yang menjadikan organisme dalam masa inaktif. Secara umum hewan dengan metamorfosis yang tidak sempurnalah yang tidak memiliki fase pupa.

Baca Juga:   12 Contoh Soal UAS Kimia yang Sering Muncul Kelas X, Apa Saja?

Telur adalah cikal bakal makhluk hidup yang dimiliki betina yang nantinya akan dibuahi pejantan. Sementara nimfa adalah hewan muda yang mempunyai bentuk sudah menyerupai hewan dewasa.

Sedangkan, larva adalah hewan muda yang sangat berbeda dengan bentuk hewan dewasa, dan Imago adalah hewan dewasa.

Hewan yang mengalami fase metamorfosis ini berasal dari kelompok, seperti serangga, amfibi (katak), molusca, crustacea (udang-udangan), echinodermata, dan tunicata.

Proses metamorfosis yang dilalui hewan-hewan tersebut biasanya (tapi tidak selalu) disertai perubahan habitat atau kelakuan.

Contoh hewan yang mengalami fase metamorfosis

Metamorfosis Sempurna

Kupu-Kupu: Telur > Ulat > Kepompong > kupu Kupu
Semut: Telur > Larva > Pupa > Semut
Lebah: Telur > Larva > Kepompong > Lebah
Lalat: Telur > Belatung (Larva) > Pupa > Lalat

Baca Juga:   Konsep Materi, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Metamorfosis tidak sempurna

Capung: Telur > Nimfa > Imago (capung dewasa)
Laron: Telur > Nimfa > Imago (laron dewasa) > raja/ratu
Jangkkrik: Telur > Nimfa > Jangkrik Dewasa


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar