Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab Sel

Share artikel ini

Reading Time: 3 minutes

Rangkuman biologi kelas 11 bab sel adalah sebuah ringkasan belajar materi pelajaran sel untuk mempermudah mempelajari biologi. Materi tentang sel makhluk hidup ini dapat kamu temukan pada buku biologi kelas 11 SMA/SMK/MA maupun kamus biologi SMA.

Semua materi biologi yang kami susun bertujuan memudahkan belajar siswa untuk berbagai persiapan ujian seperti PTS, PAT, maupun UTBK. Lebih lengkapnya, simak yuk berikut ini.

Tujuan Pembelajaran Biologi Bab Sel

Ada beberapa tujuan pembelajaran bab sel, seperti peserta didik dapat mengubah perilakunya untuk mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, serta bioproses yang berlangsung di dalam sel.

Kemudian peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah (teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli) dalam melakukan observasi dan eksperimen tentang sel. Selain itu tujuan pembelajaran sel antara lain:

  • Peserta didik dapat menjelaskan sejarah penemuan sel dan teori sel melalui kajian literatur.
  • Menjabarkan kisaran ukuran sel berdasarkan kajian literatur.
  • Membandingkan struktur sel prokariotik dengan sel eukariotik melalui pengamatan gambar.
  • Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  • Menunjukkan organel-organel sel melalui pengamatan gambar sel hewan dan sel tumbuhan.
  • Mengemukakan perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan berdasarkan pengamatan langsung dengan mikroskop cahaya dan gambar dari mikroskop elektron.
  • Menjelaskan fungsi organel-organel sel berkaitan dengan bioproses dalam sistem hidup, seperti sintesis protein, reproduksi, respirasi, sekresi, dan metabolisme.
  • Menganalisis mekanisme transpor pasif melalui membran sel (difusi dan osmosis) dari hasil pengamatan percobaan.
  • Menjelaskan diagram transpor aktif (pompa ion, kotranspor, endositosis, dan eksositosis).
  • Melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop cahaya terhadap sel hewan dan sel tumbuhan, serta membandingkan hasilnya dengan gambar dari mikroskop elektron.
  • Siswa-siswi dapat melakukan percobaan proses difusi, osmosis, dan plasmolisis.
Baca Juga:   Fase-fase yang Dialami Cacing Pita Setelah Keluar dari Telur

Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Biologi Sel

Untuk indikator pencapaian kompetensi kelas 11 pelajaran biologi tentang materi sel adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan sejarah penemuan sel dan teori sel.
  2. Menjabarkan kisaran ukuran sel.
  3. Membandingkan struktur sel prokariotik dengan sel eukariotik.
  4. Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  5. Menunjukkan organel-organel sel melalui pengamatan gambar sel hewan dan sel tumbuhan.
  6. Mengemukakan perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan.
  7. Menjelaskan fungsi organel-organel sel berkaitan dengan bioproses dalam sistem hidup, seperti sintesis protein, reproduksi, respirasi, sekresi, dan metabolisme.
  8. Menganalisis mekanisme transpor pasif melalui membran sel (difusi dan osmosis) dari hasil pengamatan percobaan.
  9. Menjelaskan diagram transpor aktif (pompa ion, kotranspor, endositosis, dan eksositosis).
  10. Melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop cahaya terhadap sel hewan dan sel tumbuhan, serta membandingkan hasilnya dengan gambar dari mikroskop elektron.
  11. Melakukan percobaan proses difusi, osmosis, dan plasmolisis.
Baca Juga:   Inilah Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab Respirasi

Rangkuman Biologi Bab Sel

Ilmuwan yang mengemukakan teori tentang sel, yaitu Robert Hooke, Antonie Van Leeuwenhoek, Jean Baptiste de Lamarck, Ludolph Christian Treviranus dan Johann Jacob Paul Moldenhawer, Henri Dutrochet, Theodore Schwann (ahli anatomi hewan) dan Matthias Jakob Schleiden, Max Schultze, Felix Dujardin, Johannes Purkinje, Rudolf Ludwig Karl Virchow, Robert Brown, R. Strasburger, dan C. Bernard

Sel merupakan unit struktural terkecil, unit fungsional, dan unit hereditas. Sedangkan kisaran ukuran sel berdiameter 1 – 100 μm, volume 1 – 1.000 μm3.

Pada tipe sel secara struktural, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Kemudian, pada sel hidup memiliki 4 makromolekul, yaitu karbohidrat (monosakarida, disakarida, polisakarida), lipid (lemak, fosfolipid, sfingolipid, steroid, lilin, karotenoid, limonen), protein, dan asam nukleat (DNA, RNA).

Baca Juga:   15 Soal PTS Bab Plantae (Tumbuhan) Kelas X Biologi

Organel-organel yang terdapat di dalam sel eukariotik, yaitu: membran sel (membran plasma sel), nukleus (inti sel), sitoplasma, ribosom, retikulum endoplasma, badan Golgi, lisosom, peroksisom, glioksisom, mitokondria, plastida, vakuola, sentrosom dan sentriol, sitoskeleton, dan dinding sel.

Untuk sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan. Sel hewan tidak memiliki dinding sel dan plastida, vakuola kecil. Sedangkan pada sel tumbuhan memiliki dinding sel dan plastida, vakuola besar, tidak memiliki sentriol.

Transpor zat melalui membran dapat dibedakan 2 macam, yaitu transpor pasif dan transpor aktif. Transpor pasif adalah arah perpindahan molekul menuruni gradien konsentrasi, tidak memerlukan energi. Misalnya, difusi, difusi dipermudah oleh saluran protein dan protein transpor, osmosis.

Untuk transpor aktif sel adalah arah perpindahan molekul melawan gradien konsentrasi, memerlukan energi. Contohnya, pompa ion, kotranspor, eksositosis, endositosis (fagositosis, pinositosis, endositosis yang diperantarai reseptor).

Demikian rangkuman materi biologi kelas 11 lengkap bab sel. Semoga bermanfaat buat kamu semuanya.

Sumber: https://www.kamusbiologisma.com/2022/07/rangkuman-materi-biologi-kelas-11.html


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar