Soal PPG 2023 dan Kunci Jawaban, Persiapan Pretest

Share artikel ini

Reading Time: 3 minutes

Soal PPG 2023 bentuknya bervariasi. Tapi tenang, sebab kamu bisa belajar soal-soal PPG dan kunci jawaban melalui artikel ini. Apalagi sudah kami siapkan file soal yang bisa kamu download secara gratis untuk kebutuhan pretest Pendidikan Profesi Guru.

Jika kamu melihat ketentuan PPG Dalam Jabatan 2023, maka seorang guru harus menyelesaikan pendaftaran dan proses administrasi terlebih dahulu sebelum pretest PPG. Nah, di tengah proses inilah, guru bisa download soal PPG pdf dan mempelajarinya.

Hal tersebut berlaku bagi guru PGSD, SMP maupun guru SMA yang mengajar pelajaran IPA dan IPS. Pastinya mereka akan mencari latihan soal PPG up secara online. Harapannya jelas, agar bisa menjawab soal lewat jalurppg yang akan ditempuh.

Baiklah, agar lebih jelas, berikut soal PPG guru lengkap dengan jawabannya. Penasaran, mari pelajari dalam ngajigalileo di bawah ini.

Soal PPG 2023 Beserta Jawabannya

Kemungkinan soal yang keluar dalam ujian PPG bisa bervariasi bentuknya. Berikut ini adalah latihan soal dan jawaban PPG 2023 yang perlu kamu pelajari, antara lain:

Baca Juga:   Materi Biologi: Daur Hidup Fasciola Hepaticae

1. Soal Pedagogik

Ada sejumlah siswa di kelas yang tidak satupun bisa menjawab soal tertentu pada seperangkat tes. Hal ini membuat tujuan pembelajaran telah tidak tercapai. Jika ini yang terjadi, maka guru harus melihat kembali kesesuaian antara…

A. kompetensi inti dengan kompetensi dasar
B. Soal dengan materi pembelajaran
C. Soal dengan indikator pencapain siswa
D. Tujuan pembelajaran dengan materi pelajaran

Jawaban dari soal tersebut adalah soal dengan materi pembelajaran.

2. Pertanyaan Soal Pretest PPG 2023

Pernyataan-pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. kemampuan berkomunikasi
B. kemampuan berinteraksi
C. kemampuan untuk memecahkan masalah
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

Dari soal pretest di atas, jelas bahwa jawabannya adalah C.

3. Latihan Soal Materi Perkembangan Moral

Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral…

A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional

4. Soal Terkait Teori-teori Belajar

Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise).

Baca Juga:   Perbedaaan Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Berdasarkan pernyataan di atas, maka teori belajar yang di maksud adalah…

A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme

Dari soal PPG itu terlihat jawaban yang paling benar adalah Behaviorisme.

Latihan Soal Pretest PPG Guru

  1. Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang guru hendaknya dapat melakukan …

A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi pembelajaran
C. tes awal (pre-test)
D. latar belakang peserta didik

  1. Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar. Selain itu juga prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Nah, dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus …

A. Melaksanakan proses pembelajaran sesuai jadwal yang sudah di buat oleh waka kurikulum sekolah
B. Hanya perlu menggunakan teknik pembelajaran
C. Menggunakan strategi pembelajaran dengan teknik belajar mandiri di kelas.
D. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

  1. Pada kurikulum 2013, terdapat proses pembelajaran yang namanya pendekatan saintifik. Itu artinya adalah….

A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk, dapat mengembangkan setiap potensi yang di milikinya.
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus di miliki oleh siswa.
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan.
D. Mengembangkan kompetensi dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran.

  1. Apa perbedaan antara ilmu-ilmu sosial (IIS) dengan ilmu pengetahuan sosial (IPS) jika di lihat dari tujuannya (purposes)?
Baca Juga:   Pengertian Plantae, Klasifikasi, Ciri-ciri dan Contohnya

A. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
B. IIS menetapkan kebenaran ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
D. IIS adalah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner.

Download Soal PPG 2023

Untuk kebutuhan belajar mandiri, silahkan langsung download soal-soal PPG yang sudah kami siapkan di bawah ini:

Penutup

Sekian soal-soal PPG guru yang dapat kami berikan buat kamu semua. Selamat belajar dan semoga lancar selalu ketika ujian nantinya. Amiin

Sumber: https://www.kamusbiologisma.com/2023/06/soal-ppg-lengkap-dengan-analisa.html


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar