10 KHASIAT DAUN BINAHONG, COCOK JUGA UNTUK MATA MINUS

Reading Time: 3 minutes

10 Khasiat Daun Binahong, Cocok Juga untuk Mata Minus – Binahong atau piahong (Anredera cordifolia) merupakan sejenis tanaman obat-obatan yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam dunia kesehatan.

Binahong ini Tumbuh menjalar, berbatang lunak, berdaun tunggal, serta berbunga majemuk. Daun binahong mengandung banyak nutrisi seperti Glucan c, Karoten, Asam Organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D – Galaktosa, Asam Aldonat, dan Vitamin (A, B, dan C). Tak heran jika daun ini di klaim mampu memberikan banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Daun Binahong

Berikut telah kami rangkum 10 khasiat dari daun binahong, semoga bisa membantu Anda.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Meminum rebusan air daun binahong ternyata memberi manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan adanya senyawa anti-oksidan dan serat penting untuk kesehatan kardiovaskular.

Daun ini berperan efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung, kerusakan arteri, dan kerusakan saraf akibat radikal bebas.

Selain itu, serat daun binahong juga mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga dapat melancarkan aliran darah ke jantung.

2. Cegah Penyakit Kanker

Manfaat daun binahong untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah penyakit kanker. Kanker pada umumnya diakibatkan oleh radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dan menjadikan sel kanker.

Daun binahong merupakan sumber anti-oksidan pigmen karotenoid esensial seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein. Kandungan itu berperan penting untuk memerangi sel kanker berbahaya.

Selain itu, kandungan vitamin A dan flavonoid dalam daun binahong juga bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari pertumbuhan sel kanker.

3. Baik untuk Mata Minus

Mata adalah salah satu organ vital pada manusia. Itulah kenapa penting untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari risiko penyakit mata seperti mata minus.

Mata minus bisa diakibatkan oleh radiasi dan radikal bebas sehari-hari yang bisa merusak retina mata, juga dapat menyebabkan kerabunan jarak dekat hingga kebutaan.

Namun, Anda bisa mencegahnya dengan daun binahong. Untuk caranya sangatlah mudah, Anda dapat menumbuk halus daun binahong lalu kompreskan pada mata selama beberapa menit. Jika sudah, cuci bersih dengan air mengalir.

Tanaman ini mengandung anti-oksidan seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein yang memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Batang dari tanaman binahong pun juga merupakan sumber vitamin A sehingga bagus untuk menjaga kesehatan mata.

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi, baik pada pria maupun wanita. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, tetapi juga bisa di punggung.

Untuk mengobati jerawat, Anda bisa memakai daun binahong pada kulit. Daun itu akan mengurangi produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori. Sehingga Anda juga bisa mencegah munculnya jerawat.

Anda bisa menumbuk daun binahong, lalu ditempelkan pada wajah selama 10 menit. Selain itu, Anda bisa merebus delapan lembar daun binahong dan direbus hingga mendidih. Lalu minum air rebusan daun binahong sekali setiap hari hingga jerawat membaik.

5. Menghaluskan dan Memutihkan Wajah

Selain mengatasi masalah kulit berjerawat dan berminyak, Anda bisa memetik manfaat daun binahong untuk kecantikan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki wajah kusam dan kasar, Anda bisa menggunakan daun binahong sebagai solusinya. Daun binahong terkenal mampu menghaluskan kulit dan memutihkan wajah.

Caranya, Anda hanya perlu menumbuk daunnya, kemudian dijadikan masker selama satu malam. Anda baru bisa membilasnya saat mandi pagi keesokan harinya.

6. Memulihkan Stamina

Manfaat binahong selanjutnya adalah dapat memulihkan stamina. Daun binahong mengandung catchecin yang bermanfaat untuk membantu mengurangi efek peradangan otot setelah latihan. Inilah alasan kenapa daun binahong cocok bagi Anda yang sering melakukan aktivitas berat.

Air rebusan dari daun binahong juga dapat mengembalikan stamina tubuh ketika Anda sudah kelelahan. Cukup dengan merebus 1 daun binahong yang ditambahkan dengan 2 gelas air hingga mendidih. Konsumsi air rebusan ini secara berkala untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun binahong juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka luar pada kulit. Kandungan antioksidan yang ada pada daun ini berguna untuk menutup jaringan luka dengan cepat. Ditambah, kandungan antiseptiknya akan mencegah infeksi pada kulit dan membantu mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menghaluskan daun binahong yang masih segar dengan cara menumbuknya. Daun yang sudah dihaluskan ditempelkan pada bagian kulit yang luka.

8. Mengatasi Anemia

Anemia terjadi akibat tekanan darah seseorang yang berada di bawah normal. Untuk mengimbanginya, Anda membutuhkan asupan zat besi.

Daun binahong bisa menjadi solusi untuk Anda mendapatkan zat besi. Karena daun binahong juga memiliki kandungan zat besi yang baik sel darah merah Anda.

9. Meningkatkan Daya Ingat

Dengan kandungan yang kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, daun binahong dapat mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam.

Kandungan lainnya yang berupa tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12 sudah dihubungkan dengan munculnya risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

10. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat binahong yang terakhir adalah dapat mencegah penuaan dini. Penuaan merupakan efek samping akibat dari stres oksidatif. Meskipun kondisi ini adalah proses alami, tetapi adanya radikal bebas dapat memperburuk kondisinya.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit sehingga membuat kulit keriput dan rusak. Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, seperti lutein, Vitamin A, C, betakaroten, dan zeaxanthin yang berguna memberi perlindungan pada organ dan kulit Anda dari serangan radikal bebas.

Daun binahong juga dapat menjadi sumber vitamin A dan C yang baik. Vitamin A dan C sendiri memang dikenal dapat menjaga kulit agar tetap sehat. Kedua vitamin ini akan membantu kulit Anda menjadi lebih elastis, meremajakan kulit secara alami, dan tentunya mencegah penuaan dini. (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar