Apa itu Sains?

Share artikel ini

Reading Time: < 1 minute

Sains dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya adalah ilmu pengetahuan. Dalam bahasa inggris kata sains berarti science.

Sementara orang yang ahli di bidang sains dinamakan sainstis. Salah satu tokoh yang terkenal atau saintis di dunia adalah Galileo Galilei.

Bahkan, karena penemuannya mengenai sains, Galileo Galilei dikatakan oleh masyarakat dunia sebagai Bapak Sains Modern. Kontribusinya sangat nyata di bidang sains, seperti fisika, matematika, astronomi, dan ilmu sains lainnya.

Macam-macam Sains

Sains sendiri dibagi menjadi 5 macam, yaitu Astronomi, Biologi, Kimia, Fisika, dan Ilmu Bumi. Dari kelima sains tersebut memiliki spesifikasi kelimuan sendiri-sendiri.

Misalnya sains astronomi yang mempelajari tentang ilmu bintang atau ilmu falak. Sementara biologi, kimia dan fisika sudah kamu pahami saat belajar di sekolah. Sedangkan, ilmu bumi adalah ilmu sains yang mempelajari tentang kebumian.

Baca Juga:   Eksperimen Minuman untuk Buktikan Sains dengan Cara Menyenangkan, Bisa Anda Coba di Rumah

Fungsi Sains

Sains memiliki banyak fungsi bagi kehidupan manusia. Misalnya, memudahkan manusia dalam mengetahui, mengenal dan memahami alam.

Kemudian, sains juga memudahkan dalam komunikasi. Contohnya, munculnya perangkat elektronik canggih di masa modern seperti sekarang ini.

Tidak hanya itu, sains juga bisa mempercepat perkembangan suatu negara, kota hingga desa. Contohnya, munculnya desa berbasis sains dengan menerapkan biogas sebagai sumber energi.

Sekian informasi mengenai apa itu sains. Semoga bermanfaat!


Share artikel ini

Recommended For You

1 Comment

Tulis Komentar