Animasi, Pengertian, dan Kelebihan Menggunakan Flash Player untuk Presentasi

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Animasi berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan. Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.

Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu, persistance of vision (pola penglihatan yang teratur).

Animasi banyak digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya adalah membantu presentasi agar lebih menarik. Untuk memudahkan saat membuatnya, Anda bisa menggunakan program Flash.

Flash merupakan software yang memiliki kemampuan menggambar sekaligus menganimasikannya, serta mudah dipelajari. Flash tidak hanya digunakan dalam pembuatan animasi, tetapi pada zaman sekarang ini flash juga banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti dalam pembuaan game, presentasi, membangun wep, animasi pembelajaran, bahkan juga dalam pembuatan film.

Baca Juga:   PILIH TV 4K ATAU ULTRA HD (UHD)

Animasi yang dihasilkan flash adalah animasi yang berupa file movie. Movie yang dihasilkan dapat berupa grafik yang dimaksud adalah grafik yang berbasis vektor, sehingga saat diakses melalui internet, animasi akan ditampilkan lebih cepat dan terlihat halus.

Selain itu, flash juga memiliki kemampuan untuk mengimpor file suara, video, maupun file gambar dari aplikasi lain.

Flash Player sendiri adalah program grafis animasi web yang diproduksi oleh Macromedia Crop, yaitu sebuah vendor software yang bergerak dibidang animasi web.

Flash Player pertama kali diproduksi pada tahun 1996. Macromedia Flash telah diproduksi dalam beberapa versi. Versi terakhir dari Macromedia Flash adalah Macromedia Flash 8. Sekarang Flash telah berpindah vendor menjadi Adobe.

Baca Juga:   10 Produk Hasil Kilang Minyak Bumi dan Manfaatnya

Kelebihan-Kelebihan Flash Player

Kelebihan-kelebihan Flash Player sebagai media untuk membuat animasi adalah sebagai berikut :

  • Hasil akhir Flash Player memiliki ukuran yang lebih kecil.
  • Flash Player mampu mengimpor hampir semua file gambar dan file-file audio sehingga presentasi dengan Flash Player dapat lebih hidup.
  • Flash Player mampu membuat file executable sehingga dapat dijalankan pada PC manapun tanpa harus menginstal terlebih dahulu program Flash Player.
  • Font presentasi tidak akan berubah meskipun PC yang digunakan tidak memiliki font tersebut.
  • Gambar Flash merupakan gambar vektor sehingga tidak akan pernah pecah meskipun dizoom beratus kali.
  • Flash Player mampu dijalankan pada system operasi Windows maupun Macintosh.
  • Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai bentuk, seperti avi, gif, mov ataupun file dengan format yang lain. (Mecca)
Baca Juga:   10 Aplikasi Android Edukatif untuk Anak Playgroup dan TK

Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar