Cara Memilih Webcam yang Bagus dan Berkualitas

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Cara memilih webcam yang bagus untuk kebutuhan video call dan pertemuan virtual penting memperhatikan kualitas. Terlebih buat kamu yang bergelut dalam dunia kerja dan mengharuskan untuk senantiasa online dalam setiap aktivitas pekerjaan.

Tujuan orang menggunakan webcam adalah agar bisa mendapatkan komunikasi video internet dari jarak jauh dengan menggunakan berbagai macam program di dalamnya. Selain itu, webcam bisa untuk mengambil gambar sekaligus juga merekamnya.

Beberapa produsen elektronik terkenal memasarkan webcam dengan spesifikasinya yang tentunya akan membuat kamu tertarik untuk membelinya. Namun sebelum membelinya, pastikan Anda mempertimbangkan beberapa hal. Jangan terkecoh dengan harganya yang murah, meski ada beberapa webcam murah terbaik.

Harga webcam beragam, ada yang 100 ribuan. Namun untuk kebutuhan profesional, sebaiknya pilih yang memiliki banyak kelebihan, terbaik, dengan kualitas gambar paling jernih.

Cara Memilih Webcam Yang Bagus

Berikut adalah cara memilih webcam yang bagus dan berkualitas buat kamu semua. Yuk, simak penjelasan yang ngajigalileo berikan sebagai berikut:

Baca Juga:   Fintech: Inovasi Layanan Jasa Keuangan Modern

1. Mengenali Matriks Webcam

Apa itu matriks webcam? Matriks adalah permukaan tempat cahaya masuk yang menciptakan impuls listrik di dalamnya. Sensitivitas matriks ini diukur dalam satuan lux (lux), sehingga dapat menentukan tingkat pencahayaan minimal untuk pemotretan.

Pada perangkat fotografi, biasanya menggunakan matriks CCD yang memiliki tingkat kebisingan lebih rendah, namun harganya sangat mahal. Sedangkan pada webcam menggunakan matriks CMOS yang harganya lebih terjangkau. Hal ini tidak lepas dari tujuan utamanya, yaitu menyediakan komunikasi melalui jaringan.

Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa, video webcam yang menggunakan matriks CCD akan menghasilkan suara berisik jika terjadi kekurangan cahaya.

2. Ukuran Resolusi Webcam

Hasil dari kualitas gambar webcam yang Anda beli bergantung pada resolusi perangkat. Ukuran resolusi diukur dalam piksel. Karena itu, pastikan Anda memilih resolusi webcam yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Untuk konferensi, Anda bisa menggunakan ukuran standar dengan resolusi 320×240 piksel. Namun, jika Anda ingin menggunakan untuk merekam video, maka Anda bisa memilih resolusi 640×480 piksel. Dan, untuk kebutuhan gambar yang lebih baik dengan skala yang lebih besar, Anda bisa menggunakan resolusi 1280×960 piksel.

Baca Juga:   10 Produk Hasil Kilang Minyak Bumi dan Manfaatnya

3. Perhatikan FPS

FPS atau Frame per second merupakan satuan yang mengukur kinerja perangkat tampilan. Semakin banyak FPS, semakin halus dan detail sehingga gambar akan tampak lebih nyata secara visual.

Kami menyarankan, sebaiknya Anda memilih FPS dengan ukuran minimal 25 FPS, karena dapat berfungsi lebih baik untuk hasil pemindaian yang progresif.

4. Teliti Bagian Koneksi Webcam

Beberapa produsen melengkapi produknya dengan koneksi USB, baik itu 2.0 atau 3.0. Dengan koneksi tersebut akan memungkinkan Anda mengirimkan data dengan cepat.

Mungkin koneksi USB tersebut lebih mudah jika diaplikasikan pada laptop. Lain hal nya dengan desktop komputer, kemungkinan Anda perlu menyediakan setidaknya 1,5 meter kabel, agar tidak ada masalah saat memasang webcam.

Sedangkan webcam dengan Bluetooth atau Wi-Fi bisa lebih mudah diaplikasikan, tapi bagi sebagian orang harganya terlalu mahal. Selain itu, juga dianggap kurang stabil saat menggunakannya.

Baca Juga:   KENALI CHIPSET SEBELUM MEMBELI SMARTPHONE TERBAIK

5. Cek Sistem Operasi (OS)

Sebagian besar webcam mendukung OS Windows. Tapi yang perlu Anda perhatikan jika membeli satu adalah, Anda harus menentukan apakah perangkat dapat beroperasi pada sistem Anda. Hal ini sangat penting, agar webcam yang sudah Anda beli bisa diaplikasikan untuk PC atau pun laptop Anda.

6. Perhatikan Fitur Tambahan yang Melekat Pada Webcam

Beberepa fitur tambahan yang biasanya melekat pada webcam adalah sebagai berikut; Pertama, zoom otomatis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur pembesaran ke objek dalam mode otomatis, sehingga membuat Anda lebih nyaman ketika menggunakannya. Biasanya webcam yang dilengkapi fitur ini memiliki harga yang lebih mahal.

Kedua, fitur mikrofon internal. Mikrofon pada webcam sangat berguna untuk menjalin komunikasi, dan Anda tidak perlu membeli lagi mikrofon secara terpisah. Namun, pastikan fitur ini memiliki kualitas dan berfungsi dengan baik.


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar