BIOLOGI: CABANG-CABANG ILMU BIOLOGI YANG BIKIN ORANG PENASARAN

Reading Time: 4 minutes

Biologi: Cabang-cabang Ilmu Biologi yang Bikin Orang Penasaran – Ilmu biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak diminati oleh para pelajar. Ilmu ini dipelajari secara mendalam dan spesifik ketika di perguruan tinggi.

Di dalam ilmu biologi ternyata juga memiliki cabang-cabang. Layaknya pohon, cabang ilmu biologi jumlahnya sangat banyak dan selalu bertambah seiring dengan kemajuan sains dan teknologi. Hal ini yang kemudian menjadikan banyak ilmuan tertarik untuk mempelajari biologi secara mendalam.

Salah satu ilmuan biologi yang tentunya banyak dikenal masyarakat sampai hari ini adalah Charles Darwin dengan teori evolusinya.

Tapi tahukah masih banyak ilmuan biologi lainnya, seperti Edwart Jenner, seorang dokter yang menemukan vaksin untuk menyembuhkan cacar. Ia merupakan penemu vaksinasi, dan juga yang memperkenalkan nama virus.

Namun, pada artikel kali ini kita tidak membahas ilmuan-ilmuan biologi tersebut, tapi apa saja cabang ilmu biologi yang selalu membuat orang penasaran dan tertarik untuk mnegetahui serta mempelajarinya.

Cabang-cabang Ilmu Biologi yang Bikin Orang Penasaran

Berikut ini beberapa cabang ilmu biologi yang selalu bikin orang penasaran dan tertarik untuk mempelajarinya :

Zoologi

Cabang ilmu biologi ini mempelajari apa pun tentang fauna yang ada di dunia, baik hewan di darat, laut, maupun udara. Biasanya orang lebih cenderung menggunakan kata fauna atau satwa daripada hewan atau bianatang.

Jadi jika Anda tertarik dengan dunia zoologi, Anda akan menemukan banyak hal yang baru terkait satwa yang lucu, aneh, cantik, dan bahkan seram.

Botani

Botani merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan atau tanamam. Sangat penting bagi siapa pun untuk mempelajari botani, karena banyak manfaatnya, bisa digunakan untuk obat, makan, papan, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan mempelajari botani, Anda tentu akan menjadi manusia yang lebih sehat, sebab setiap hari bisa bersentuhan dengan udara yang segar dan sejuk. Asal mempelajarinya langsung ke alam atau hutan ya, bukan di internet.

Ekologi

Cabang ilmu biologi ini mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ilmu ini banyak digunakan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Jika Anda bergelut dengan ilmu ini, pasti Anda akan banyak mengetahui fenomena-fenomena alam yang menarik, indah, dan wow. Tapi juga menyeramkan, sebab gundulnya hutan, rusaknya terumbu karang juga akan Anda pelajari disini. Semoga tidak terjadi lagi hal yang menyeramkan itu!

Virology

Cabang biologi ini sangat terkenal di masa pandemi seperti ini. Bagaimana tidak, virus korona covid-19 telah membunuh banyak orang. Segalanya serba terbatas oleh kejadian yang diakibatkan oleh makhluk mikrometer ini.

Secara keilmuan, virology adalah cabang biologi yang mempelajari tentang virus. Ilmu ini mempelajari tentang ciri-ciri atau karakteristik virus, jenis, siklus hidup, peran, pencegahan dan cara mengatasinya.

Mikrobiologi

Cabang biologi ini mempelajari mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, alga, dan lain sebagainya, baik yang menguntungkan atau pun yang merugikan bagi manusia.

Contohnya mikroorganisme yang menguntungkan adalah bakteri Lactobacillus bulgaricus yang digunakan dalam pembuatan yogurt, Acetobacter xylinum digunakan untuk pembuatan nata de coco, dan lain lain.

Sedangkan yang merugikan misalnya, Salmonella typhosa yang menyebabkan penyakit tifus, Clostridium tetani yang menyebabkan penyakit tetanus, dan lain-lain.

Ornitologi

Cabang ilmu biologi ini mempelajari tentang burung. Banyak jenis burung yang ada di dunia dan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Bagi pengamat burung atau birdwatching, mengamati burung adalah kegiatan yang tidak hanya sekadar rekreasi saja, namun juga untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan kehidupan burung, terutama untuk jenis-jenis dengan status hampir punah.

Entomologi

Entomologi adalah ilmu yang mempelajari tentang serangga. Entomon berarti serangga, dan logos adalah ilmu pengetahuan.

Secara keilmuan, entomologi diperluas karena mencakup ilmu tentang arthropoda, di mana di dalamnya terdapat laba-laba dan kerabatnya (Arachnida atau Arachnoidea), serta luwing dan kerabatnya (Millepoda dan Centipoda).

Selain cabang-cabang ilmu biologi di atas, kami akan merangkumnya secara singkat tentang beberapa cabang lain dari biologi, di antaranya adalah:

Sitologi : Ilmu yang mempelajari tentang sel.

Histologi : Ilmu yang mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup.

Evolusi : Ilmu yang mempelajari tentang perubahan makhluk hidup dari generasi ke generasi.

Mamologi : Ilmu yang mempelajari tentang mamalia.

Anatomi : Ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh dalam dari makhluk hidup.

Morfologi : Ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh luar dari makhluk hidup.

Fisiologi : Ilmu yang mempelajari tentang fungsi tubuh baik secara anatomi maupun morfologi.

Taksonomi : Ilmu yang mempelajari tentang pengklasifikasian atau penggolongan makhluk hidup.

Mikologi : Ilmu yang mempelajari tentang jamur.

Cabang-cabang ilmu biologi tersebut tentunya akan terus bertambah seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semoga bermanfaat. (Fauzing04)

Recommended For You

1 Comment

Tulis Komentar