APA SAJA MANFAAT MEMPELAJARI BIOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA?

Reading Time: 2 minutes

Apa Saja Manfaat Mempelajari Biologi bagi Kehidupan Manusia? – Pada masa pandemi covid-19 tentu banyak pertanyaan, seperti kenapa virus corona dapat menyebar dengan cepat? Berapa ukuran virus yang sebenarnya? Bagaimana bentuknya? Dan lain-lain.

Pertanyaan tersebut bisa dijawab, jika Anda mempelajari cabang biologi yang bernama virology, di mana cabang tersebut membahas mengenai berbagai hal tentang virus.

Hal itu merupakan salah satu alasan pentingnya mempelajari biologi dalam kehidupan manusia. Ketika Anda mengetahuinya, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi

Kemudian apa saja manfaat mempelajari biologi dalam berbagai kehidupan manusia. Berikut ini penjelasannya!

Lingkungan

Dalam dunia lingkungan, ilmu biologi menjadi sangat penting karena dapat digunakan untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Misalnya, banyak sungai yang tercemar oleh sampah industri maupun rumah tangga yang dapat merusak ekosistem sungai. Seperti warnanya berubah, berbau tidak sedap, ikan banyak yang mati, dan lain-lain.

Dengan ilmu biologi, setidaknya Anda dapat mengurangi kebiasaan membuang sampah ke sungai, menjaga sungai dari limbah industri, dan menjaga kelestariannya.

Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, ilmu biologi sangat dibutuhkan. Seperti mempelajari struktur anatomi, morfologi, maupun fisiologi tubuh manusia.

Selain itu, dengan ilmu biologi Anda bisa menjaga pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, dan lain sebagainya.

Pertanian

Ilmu biologi juga berperan penting dalam mengembangkan sistem pertanian. Misalnya membuat bibit unggul, menjaga agar tanah tetap subur, dan mengusir hama dengan cara non kimia seperti mendatangkan musuh alami.

Farmasi

Dalam bidang farmasi, ilmu biologi memiliki peranan seperti dalam pembuatan obat, vaksin, maupun antibiotik untuk menjaga agar manusia tetap sehat dan terhindar dari zat-zat atau mikroorganisme yang berbahaya.

Industri

Untuk dunia industri, ilmu biologi digunakan dalam berbagai hal, seperti pembuatan makanan. Misalnya proses fermentasi yang menggunakan bakteri untuk berbagai jenis makanan, seperti yogurt, nata de coco, tempe, dan lain sebagainya.

Perikanan

Indonesia memiliki luas perairan yang lebih luas dari pada daratan. Tercatat luas total wilayah Indonesia adalah 7,81 juta km2 dengan 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Dengan luas tersebut tentu potensi perikanan yang dihasilkan sangat besar, dan hal ini perlu pengelolaan yang berkelanjutan, di mana ilmu biologi hadir dengan konsep pelestarian sumber daya laut dan perairan.

Demikian beberapa manfaat mempelajari biologi bagi kehidupan sehari-hari. Tentu masih banyak manfaat lain yang bisa Anda kaji dan dapatkan. Semoga bermanfaat. (Fauzing04)

Recommended For You

Tulis Komentar