Eksperimen Minuman untuk Buktikan Sains dengan Cara Menyenangkan, Bisa Anda Coba di Rumah

Reading Time: 2 minutes

Kepadatan atau density adalah ide yang menarik dan terkadang rumit untuk dipahami. Dengan eksperimen melalui minuman Anda akan mendapatkan gagasan tentang kepadatan dalam cairan.

Cara yang menyenangkan ini bisa Anda lakukan bersama anak-anak di rumah untuk mengenalkan sains.

Seperti diketahui bahwa minuman memiliki tingkat kepadatan berbeda. Kepadatan minuman sering kali ditentukan oleh seberapa banyak gula atau buah di dalamnya – semakin banyak gula atau buah, semakin padat sarinya.

Minuman bubuk dan kalengan tidak bekerja dengan baik untuk percobaan ini karena hampir seluruhnya air. Anda harus melakukan beberapa eksperimen untuk menemukan minuman yang berwarna-warni dan memberikan tampilan kepadatan yang bagus, dan itu setengah kesenangan.

Gunakan gelas kaca dengan ukuran sempit untuk melakukannya. karena semakin sempit, semakin mudah untuk memisahkan tingkat kepadatannya.

Cara melakukan eksperimen kepadatan pada minuman

Sebelum Anda mulai, Anda dapat menebak minuman mana yang menurut Anda akan lebih padat dan membentuk hipotesis tentang bagaimana tingkat Minuman Kepadatan Anda akan berubah. Periksa jumlah bahan, kadar gula, dan kadar air untuk membantu Anda.

Untuk menampilkan tingkat kepadatan, Anda perlu mencari tahu minuman mana yang paling padat dan paling tidak padat. Tuangkan salah satu minuman Anda ke dalam gelas sempit untuk mengisinya dengan tinggi sekitar 2,5 cm.

Kemudian isi pipet dengan minuman lain dan tuangkan perlahan ke dalam gelas hingga mengalir ke sisi gelas. Perhatikan minuman untuk melihat apakah ada di bawah atau di atas minuman di sana.

Dengan catatan, jika tercampur dengan minuman dan tidak melebihi atau lebih rendah, kepadatannya sama dengan minuman dan Anda harus beralih ke minuman berikutnya.

Lanjutkan bereksperimen dengan minuman lain untuk menentukan minuman mana yang paling bawah (lebih padat) dan mana yang paling atas (paling tidak padat.)

Setelah Anda menentukan kepadatannya, mulailah dengan gelas bersih dan gunakan pipet untuk setiap level untuk membuat Minuman Kepadatan terakhir Anda!

Massa jenis cairan menunjukkan jumlah “benda” (atom, massa) yang ada dalam volume tertentu dari minuman.

Dengan kata lain, jika Anda memiliki cangkir dengan 200ml air biasa, dan cangkir dengan 200 ml air yang mengandung banyak gula terlarut di dalamnya, cangkir air gula akan lebih berat meskipun volume cairannya sama – molekul gula yang tidak terlihat tersebar di dalam air, membuatnya lebih berat (lebih padat). (Mecca)

Recommended For You

Tulis Komentar