MEMAHAMI METODE ILMIAH DAN LANGKAH-LANGKAHNYA DENGAN MUDAH

Reading Time: 2 minutes

Memahami Metode Ilmiah dan Langkah-langkahnya dengan Mudah – Untuk mengerti tentang sains, tentu salah satu caranya adalah menggunakan metode ilmiah. Metode sendiri artinya adalah cara atau prosedur yang harus dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan.

Sedangkan ilmiah berarti sesuatu yang didasarkan atas keilmuan atau sesuai dengan kaidah dalam ilmu pengetahuan. Jadi metode ilmiah adalah proses keilmuan yang dilakukan seseorang secara secara sistematis dan logis yang dibuktikan dengan data empiris untuk menghasilkan pengetahuan yang baru.

Metode ilmiah ini pada dasarnya adalah digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Adapun langkah-langkah penyusunan metode ilmiah secara umum ada 5 (lima), yaitu :

  • Menemukan dan merumuskan masalah.
  • Mengumpulkan informasi
  • Menyusun hipotesis
  • Melakukan percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis.
  • Mengolah dan mengumpulkan data dari hasil percobaan.
  • Merumuskan kesimpulan.
  • Mengkomunikasikan hasil penelitian kepada khalayak.

Cara Mudah Memahami Langkah-langkah Metode Ilmiah

Berikut ini adalah cara mudah memahami langkah-langkah dalam membuat metode ilmiah yang benar, yaitu :

Merumuskan Masalah

Untuk membuat suatu eksperimen atau penelitian, langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan merumuskan masalah. Rumusan masalah ini dibuat secara singkat, jelas, bermakna dengan menggunakan kalimat tanya.

Contohnya;

Objek penelitian : Tanaman padi Oriza Sativa

Variabel bebas : Suhu

Variabel terikat : Pertumbuhan

Maka bisa diketahui rumusan masalahnya adalah :

Bagaimana pengaruh suhu terhadap tertumbuhan tanaman padi Oriza Sativa?

Adakah pengaruh suhu terhadap tertumbuhan tanaman padi Oriza Sativa?

Mengumpulkan informasi

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan informasi melalui studi kepustakaan, observasi, dan wawancara dengan para ahli.

Anda bisa melakukan studi kepustakaan dengan cara mengumpulkan jurnal hasil penelitian, buku terkait, majalah, internet, dan lain-lain.

Sedangkan, pengamatan berguna untuk mengumpulkan informasi fakta terkait objek yang akan dilakukan pada penelitian. Dan, wawancara diperlukan untuk mengetahui pendapat dan data awal dari beberapa para ahli.

Menyusun Hipotesis

Hipotesis ini adalah dugaan sementara terhadap suatu masalah. Hipotesis akan diuji kebenarannya melalui eksperimen atau penelitian.

Mengolah Hasil Percobaan

Mengolah hasil percobaan ini adalah menganalisis data, di mana data yang diperoleh akan dilakukan analisis data. Dan, hasil dari analisis data ini digunakan untuk menjawah hipotesis yang pernah diajukan.

Merumuskan kesimpulan

Untuk langkah membuat atau merumuskan kesimpulan ini adalah bentuk dari jawaban sebenarnya atas hipotesis yang pernah diajukan.

Jadi dengan merumuskan kesimpulan, peneliti akan mengetahui mana hipotesis yang tidak sesuai dengan hasil percobaan maka itu ditolak. Demikian juga sebaliknya, jika sesuai maka diterima.

Mengkomunikasikan hasil penelitian kepada khalayak

Hasil penelitian dapat dikomunikasikan dalam bentuk tertulis atau juga bisa melalui seminar dan forum diskusi.

Demikian cara memahami metode ilmiah dan langkah-langkahnya dengan mudah. Semoga bermanfaat. (Fauzing04)

Recommended For You

1 Comment

Tulis Komentar