Inilah Contoh Metode Ilmiah Biologi

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Contoh metode ilmiah biologi dibuat agar kamu lebih mudah ketika mempelajari ilmu-ilmu IPA. Ada banyak contoh yang bisa kamu dapatkan, mulai dari metode ilmiah tentang hewan, tumbuhan, makanan, hingga kehidupan sehari-hari.

Terlebih lagi, tidak hanya 10 contoh metode ilmiah saja. Lebih dari itu dan pastinya bisa menjawab segala pertanyaan yang kamu butuhkan. Apalagi pembahasan spesifik seperti metode ilmiah tentang tumbuhan tomat, kacang hijau dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu langkah-langkah metode ilmiah perlu kamu perhatikan saat bereksperimen atau sedang menguji suatu penelitian. Hal ini penting sebagai dasar dari mempelajari metode ilmiah IPA, terutama pada bidang biologi.

Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh-contoh metode ilmiah biologi beserta informasi penting yang kamu butuhkan. Penasaran, silahkan scroll terus halaman ini sampai tuntas.

Arti Metode Ilmiah Biologi

Sesuai namanya, metode adalah suatu cara atau tahapan dalam melakukan sesuatu. Sementara pengertian dari ilmiah adalah segala hal yang sesuai dengan kaidah keilmuan atau ilmu pengetahuan. Sedangkan arti dari biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup.

Baca Juga:   Pengertian Glikogenesis dan Prosesnya

Jika ketiganya digabung, maka pengertian metode ilmiah biologi adalah, cara ilmiah untuk mengkaji dan mempelajari segala hal mengenai makhluk hidup. Maksud dari makhluk hidup bisa tumbuhan, hewan, dan segala sesuatu yang memiliki ciri-ciri sebagai makhluk hidup.

Penyusunan Metode Ilmiah Biologi Yang Perlu Kamu Ketahui
Setelah kamu mengetahui arti dari metode ilmiah biologi. Berikutnya ini langsung kami sajikan apa saja sih yang mesti kamu perhatikan dalam menyusun metode ilmiah biologi:

  1. Langkah pertama, lakukan Pemilahan Masalah dan tentukan masalah mana yang akan kamu kaji.
  2. Setelah itu buatlah Rumusan Masalah.
  3. Kemudian langkah berikutnya dengan Mengobservasi atau melakukan pengamatan.
  4. Jika sudah, susun Hipotesis (jawaban sementara).
  5. Selanjutnya, uji hipotesis yang sudah kamu buat.
  6. Terus lakukan Pengolahan Data dari penelitian atau eksperimen.
  7. Terakhir, buatlah Kesimpulan.
  8. Dari langkah-langkah penyusunan metode ilmiah di atas, ternyata mudah dan tidak sulit seperti yang dibayangkan. Meskipun begitu, lakukan segalanya secara terstruktur, sitematis, dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah.
Baca Juga:   Ciri-ciri Bunga Lili, Begini Struktur Akar hingga Bunganya

Contoh Metode Ilmiah Biologi

Supaya lebih mudah, ini dia contoh metode ilmiah yang bisa kamu terapkan dalam menyelesaikan persoalan sains. Tapi sebelumnya, perhatikan rangkaian metode ilmiah biologi yang sudah kami buat di bawah ini.

Contohnya, penerapa metode ilmiah biologi tentang tumbuhan, semisal tanaman tomat. Dari tomat ini carilah sebuah malasah, contoh pengaruh pemberian pupuk terhadap pertumbuhan tomat.

Kemudian, langkah berikutnya rumuskan masalah apakah pupuk berpengaruh terhadap tomat yang kamu tanam. Terus, lakukan observasi (pengamatan) pada pertumbuhan tanaman tomat. Lihat perubahan sebelum dan sesudah diberikan pupuk.

Setelah itu buatlah hipotesis. Contoh, hipotesis pupuk yang kamu berikan tidak mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan tomat. Berikutnya, lakukan eksperimen terhadap tomat dengan memberikan perlakuan berupa pupuk dengan kadar yang berbeda-beda.

Baca Juga:   Dalam Usaha untuk Meningkatkan Produksi Pangan, Soal Biologi

Terus, tarik sebuah kesimpulan dari eksperimen yang sudah kamu kerjakan. Gimana, mudah, kan!

Jika sudah paham, selanjutnya metode ilmiah dapat kamu terapkan pada berbagai contoh bidang biologi seperti:

  • Contoh metode ilmiah biologi tentang tumbuhan
  • Contoh metode ilmiah tentang makanan
  • Mengkaji tentang kehidupan sehari-hari
  • Menerapkan pada uji hewan di laboratorium
  • Penelitian tanaman kacang hijau
  • Penelitian pengaruh cahaya matahari terhadap tanaman hias
  • Penerapan bioteknologi dengan metode ilmiah
  • Contoh metode ilmiah biologi tentang hewan ternak
  • Eksperimen buah tomat
  • Observasi Elang Jawa
  • Penelitian eksperimen buah pisang
  • Penelitian tanaman anggrek

Akhir Kata

Sekian informasi untuk hari ini tentang contoh metode ilmiah biologi. Jika ada pertanyaan, silahkan langsung tulis pesan pada kolom komentar yang ada di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

sumber: https://www.kamusbiologisma.com/2022/12/contoh-metode-ilmiah-biologi-yang-perlu.html


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar