Ciri-ciri Asteroidea Lengkap dengan Soal dan Jawaban

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Ciri-ciri Asteroidae bentuknya mirip sekali dengan bintang. Karena itulah Asteroidae dinamakan dengan bintang laut. Dalam biologi, Asteroidae termasuk dalam kingdom Animalia, sedangkan kelasnya masuk golongan Echinodermata.

Sementara ciri-ciri asteroidae yang lain yaitu memiliki peranan dalam ekosistem laut. Seperti memakan bangkai sehingga membuat laut tetap bersih, nyaman, dan enak dipandang.

Tidak hanya membersihkan laut, tapi asteroidea juga sebagai pelindung terumbu karang dari booming population alga. Jadi jangan dibuat mainan ya, kalo menemukan spesies asteroidea di pantai.

Nah, setelah kamu mengetahui sekilas mengenai peranan asteroidea. Berikut kami sajikan ciri-ciri dari asteroidea.

Ciri-ciri Asteroidea

Asteroidea memiliki ciri-ciri yang tentunya berbeda dengan golongan echinodermata lainnya, seperti Crinoidea, Ophiroidea, Echinoidea, dan Holothuroidea. Untuk mengetahui ciri-ciri asteroide, lihat di bawah ini.

  1. Umumnya ukuran tubuh berdiameter antara 10 sampai dengan 20 cm. Namun, ada asteroidea yang berukuran mini 1 cm, dan ada pula yang jumbo hingga 100 cm.
  2. Bagian permukaan tubuh astreoidea terdapat papula, insang, duri-duri kecil, dan kulit.
  3. Terdapat lendir pada bagian epidermis permukaan tubuh asteroida.
  4. Bagian mulut berada di pusat pisin oral, sedangkan anus di belakan pisin aboral.
  5. Memiliki tentakel berbintik pigmen merah pada bagian ujung lengan.
  6. Asteroidea termasuk hewan karnivora.
  7. Daya regenerasi atau reproduksi tinggi.
  8. Reproduksi secara seksual dan aseksual.
  9. Usia bisa mencapai kurang lebih 10 tahun.
  10. Sistem Reproduksi Bintang Laut
  11. Reproduksi bintang laut terjadi secara seksual dan aseksual. Secara seksual dengan proses pembuahan oleh sperma yang menghasilkan sel telur. Proses ini terjadi secara eksternal atau berada di luar tubuh bintang laut (air).
Baca Juga:   Fase-fase yang Dialami Cacing Pita Setelah Keluar dari Telur

Sedangkan secara aseksual artinya, bintang laut melakukan reproduksi secara fisi yang bermula dari penyekatan tubuh pada bagian pisin pusat. Setelah itu, pada tiap bagian tubuh bintang laut akan memisahkan diri dan melakukan regenerasi untuk menjadi individu baru.

Soal Ciri Asteroidea

Jika ditemukan hewan dengan ciri bentuknya seperti bintang dengan lengan yang kaku, pada permukaan tubuhnya terdapat duri-duri pendek dan turmpul, maka hewan tersebut tergolong dalam kelompok

A. Ophiuroideab

B. Holothuroidea

C. Crinodea

D. Echinoidea

E. Asteroidea

Jawaban

Melihat soal di atas, maka jawabannya adalah Asteroidea. Karena bentuk tubuhnya mirip dengan bintang.

Kesimpulan

Spesies asteroidea memiliki peranan dalam ekosistem laut. Salah satunya adalah membuat laut kita tetap bersih dari segala bangkai yang berada di perairan.

Baca Juga:   Pengertian Glikogenesis dan Prosesnya

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri Asteridea lengkap dengan soal dan pembahasannya. Semoga bisa membantu belajar Anda. Terima kasih

Sumber: kamusbiologisma.com


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar