MANFAAT DAUN ALPUKAT, TERNYATA BERKHASIAT TANGANI HIPERTENSI ATAU TEKANAN DARAH TINGGI

Reading Time: 3 minutes

Manfaat Daun Alpukat, Ternyata Berkhasiat Tangani Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan sebuah kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah pada dinding arteri jantung dengan tekanan darah di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120.

Tekanan darah tinggi seringkali tidak diketahui penyebabnya. Tetapi, ada beberapa kondisi yang dapat memicu tekanan darah tinggi, di antaranya adalah kehamilan, kecanduan alkohol, penyalahgunaan NAPZA, gangguan ginjal, gangguan pernapasan saat tidur, dan lain lain.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Meskipun bisa terjadi pada semua orang, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi, seperti :

  • Lanjut usia
  • Memiliki keluarga yang menderita hipertensi
  • Memiliki kebiasaan merokok
  • Jarang berolahraga.

Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian.

Hipertensi juga dapat menyebabkan rusaknya penglihatan dan kerusakan organ ginjal. Sehingga akan sangat berbahaya apabila hipertensi ini tidak segera ditangani dengan baik.

Cara Mencegah Hipertensi

Menjalani gaya hidup sehat dapat menurunkan sekaligus mencegah hipertensi. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah :

  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Menjaga berat badan ideal
  • Rutin berolahraga
  • Berhenti merokok

Beberapa pasien hipertensi diharuskan mengonsumsi obat penurun tekanan darah seumur hidupnya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan langkah pencegahan sedini mungkin, terutama bila Anda memiliki faktor risiko hipertensi.

Namun bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah cara alami berikut ini yang kami rekomendasikan untuk Anda sebagai usaha mengatasi masalah hipertensi.

Salah satu cara alami untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi daun alpukat. Daun alpukat di klaim dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Daun ini berfungsi sebagai ramuan herbal yang memiliki sifat anti hipertensi dan memiliki rasa pahit.

Daun alpukat mengandung dua senyawa kimia penting untuk kesehatan, yaitu saponin dan flavonoid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa flavonoid dalam daun alpukat berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Salah satu cara kerja daun alpukat adalah dengan mengeluarkan sejumlah cairan dan elektrolit serta zat yang bersifat racun. Dengan berkurangnya jumlah air dan garam di dalam tubuh, pembuluh darah akan kendur sehingga tekanan darah pun juga perlahan akan turun.

Senyawa kimia dalam daun alpukat juga terbukti ampuh untuk menghambat bertumbuhaan beberapa bakteri yang berbahaya bagi tubuh, milsanya Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Escherichea sp, dan Bacillus sp.

Cara Membuat Ramuan dari Daun Alpukat

Cara membuat ramuan dari daun Alpukat sangatlah mudah dan sederhana, bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Anda hanya perlu 2 bahan yaitu daun alpukat dan air serta gula batu jika diperlukan,berikut langkah-langkah pembuatan ramuan daun alpukat sebagai obat hipertensi :

  1. Ambil 3 hingga 5 lembar daun alpukat yang setengah tua, kemudian cuci sampai bersih.
  2. Tuangkan dua gelas air bersih ke dalam panci dan rebus.
  3. Masukkan daun alpukat ke dalam rebusan air.
  4. Sebaiknya jangan tambahkan gula dalam rebusan air tersebut, namun jika Anda tidak tahan dengan rasa pahit, maka boleh di tambahkan gula batu secukupnya untuk mengurangi rasa pahit dari rebusan daun alpukat tersebut.
  5. Tunggu beberapa saat hingga air rebusan tinggal sekitar satu gelas.
  6. Tiriskan dan diamkan beberapa saat sampai rebusan sedikit hangat, kemudian rebusan daun alpukat siap untuk diminum.
  7. Konsumsi rebusan daun alpukat ini secara rutin pada sore hari.

Selain untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi, rebusan daun alpukat ini juga mengandung banyak sekali manfaat. Manfaat lain dari rebusan daun alpukat ini yaitu untuk mengobati sakit kepala, sariawan, nyeri syaraf, nyeri lambung, bengkak saluran pernapasan, dan haid yang tidak teratur.

Selain itu, rebusan daun alpukat ini juga bermanfaat untuk memperlancar pengeluaran air seni dan dapat membantu menghancurkan batu saluran kemih.

Sangat dianjurkan untuk konsumsi daun alpukat secara benar dan teratur sebagai usaha pencegahan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mengonsumsi secara baik dan benar dilakukan agar tidak menimbulkan efek samping dari pengobatan alami ini.

Ramuan dari daun alpukat ini secara langsung tidak menimbulkan efek samping, selama di konsumsi sesuai dengan anjuran atau penggunaannya tidak berlebihan. Semoga bermanfaat! (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar