WASPADAI GANGGUAN CVS AKIBAT TERLALU LAMA MENATAP LAYAR GAWAI

Reading Time: 2 minutes

Waspadai Gangguan CVS Akibat Terlalu Lama Menatap Layar GAWAI – Ketika pembelajaran yang semula di kelas harus bepindah secara daring, tentu banyak anak dan orang tua akan lebih menggunakan gawai sehari-hari.

Gawai atau yang biasa disebut dengan gadget ini merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang diciptakan dalam bentuk perangkat kecil. Penggunaan gawai semakin meningkat dan hampir digunakan oleh semua orang di semua kalangan dan semua usia.

Penggunaan gawai seringkali dinilai menyebabkan masalah-masalah kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, pusing, darah tinggi, hingga gangguan tidur. Tentu saja ini harus diperhatikan secara khusus.

Salah satu penyakit yang terjadi akibat terlalu lama menatap layar gawai dikenal sebagai Computer Vision Syndrome (CVS).

Computer Vision Syndrome adalah sekumpulan masalah mata dan penglihatan yang disebabkan oleh penggunaan seperti HP, laptop, maupun tablet. Hal ini terjadi karena ketika melihat layar gawai terlalu lama membuat mata menjadi tidak rileks atau tegang.

Adapun gejala yang dapat dirasakan yaitu penglihatan menjadi kabur, mata terasa perih dan kering, hingga sakit kepala.

Menurut The Pharmaceutical Journal, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sekitar 75 persen dari populasi yang berkerja di depan layar selama 6-9 jam mengaku mengalami gangguan okuler. Efek visual pada komputer seperti kecerahan, resolusi, sorotan, dan kualitas adalah faktor-faktor yang dinilai berperan dalam terjadinya CVS.

Tingkat kemungkinan seorang pengguna gawai terkena CVS bergantung pada tingkat kemampuan visual dan lama waktu yang dihabiskan pada layar digital.

Selain menampilkan gambar dan teks, monitor komputer juga mengeluarkan radiasi dan gelombang yang tidak dapat dideteksi oleh mata seperti sinar ultraviolet (UV) dan sinar X.

Terlalu lama menggunakan gawai dapat mempengaruhi sistem muskuloskeletal. Gejala sistem musculoskeletal yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri di daerah bahu, punggung, dan lengan.

Kita perlu memperhitungkan resiko yang akan terjadi jika terlalu lama menatap layar gawai, memperhatikan jarak layar ke mata, posisi duduk harus tegak dan sejajar dengan gawai, memberi jeda untuk sedikit melihat keluar jendela selama beberapa menit.

Selain itu, untuk mencegah sebaiknya melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk membantu mengenai gejala-gejala yang berkaitan dengan CVS. (Wardah)

Recommended For You

Tulis Komentar