10 Langkah Menanam Kurma Dimasa Pandemi

Reading Time: 3 minutes

Penulis : Mubin

NgajiGalileo  – Pandemi membuat aktivitas keseharian banyak yang dibatasi, libur panjang, hingga PHK karyawan dibeberapa perusahaan. Jika hal ini yang terjadi, maka akan lebih buruk lagi dampaknya.

Apapun dampak yang diakibatkan oleh adanya pandemi ditahun ini, suka atau tidak suka kita harus hadapi, ada kutipan bijak ‘show must go on’.

Toh pandemi ini terjadi bukan hanya satu atau dua negara, hampir mayoritas negara-negara didunia mengalami hal yang sama.

Ketika kita tiba-tiba dihadapkan pada situasi semacam ini, apa saja yang bisa dilakukan dengan tetap dirumah ?

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan dalam kondisi kita diharuskan tetap dirumah, seperti membaca buku, bersih-bersih rumah, hingga berkebun.

Berkebun merupakan kegiatan yang cukup efektif untuk mengisi waktu ketika kita sedang tinggal dirumah, disamping kita menanam beberapa jenis tanaman, kita juga cukup gerak sebagai pengganti aktivitas kita yang sangat padat diwaktu normal.

Kegitan berkebun dirumah bisa dengan memanfaatkan sudut-sudut pekarangan rumah. Anda bisa menanam beberapa tanaman ditempat-tempat yang yang masih representatif untuk ditanami tumbuhan.

Seperti, dengan memperhatikan kegunaan lahan yang akan digunakan berkebun, memastikan tanaman cukup mendapat pencahayaan dari sinar matahari, serta memperhatikan tanaman apa yang akan anda tanam.

Pada umumnya masyarakat banyak yang menanam jenis tanaman yang cepat panen, seperti sawi, cabai, kangkung, terong, kacang panjang, dan berbagai jenis sayur-sayuran lainnya.

Namun tidak ada salahnya jika anda menanam beberapa jenis buah-buahan, seperti mangga, kelapa, nangka, jambu air atau bahkan kurma.

Jika Anda ingin menanam kurma, ada beberapa hal yang dijadikan panduan ketika anda benar-benar ingin menanam buah yang dikenal buah dari Timur Tengah ini.

Berikut ini kami sajikan 10 langkah menanam buah kurma :

  1. Menyediakan bibit kurma, bibit kurma sendiri sebenarnya sangat mudah didapat, anda bisa membeli bibit kurma yang sudah siap, namun anda juga bisa membeli buah kurma untuk diambil sendiri bijinya.
  2. Bibit kurma yang baru dipisahkan dari buah kurma, sebaiknya dicuci yang sangat bersih dari sisa-sisa buah atau kulit ari buah yang masih menempel pada biji kurma, hal ini sangat penting dikarenakan jika masih terdapat buah yang menempel pada biji kurma dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada biji yang akan di kecambahkan.
  3. Ada beberapa cara untuk menumbuhkan bibit kurma, diantaranya pertama bibit kurma yang sudah bersih langsung ditaruh dimedia yang telah disiapkan. Kedua bibit kurma yang sudah bersih di rendam di dalam air selama lima hari, setelah itu baru ditaruh dimedia tanam bibit tersebut.
  4. Menyediakan media tanam bibit kurma, media tanam untuk menyemai bibit kurma tidaklah susah, sediakan wadah yang terdapat penutupnya dan usahakan jangan wadah yang bening atau transparan, direkomendasikan wadah yang gelap.
  5. Wadah yang sudah siap diisi dengan tisu yang sudah dibasahi, usahakan beberapa lapis tisu, hal ini penting untuk menjaga kelembaban suhu didalam wadah tersebut.
  6. Susun berjajar biji kurma yang sudah siap untuk ditanam diatas kapas dalam media tanam, susun dengan jarak 1-2 Cm. hal ini bertujuan agar ketika biji kurma berkecambah terdapat jarak sehingga tananman tidak saling tertindih.
  7. Jika melihat urutan nomor 3, penanaman yang jika bibitnya langsung didalam wadah sebagai media tanam biasanya membutuhkan waktu sekitar 20-25 hari untuk biji buah kurma bisa berkecambah. Sedangkan cara yang kedua yaitu dengan perendaman selama 5 hari biasanya lebih cepat perkecambahannya, dan rata-rata membutuhkan waktu 18-22 hari untuk biji kurma bisa berkecambah.
  8. Setelah biji kurma terlihat akarnya memanjang sekitar 3-4 Cm. waktunya kecambah kurma tersebut dipindahkan kedalam polibag yang telah terisi pasir atau pupuk organik dicampur dengan tanah.
  9. Dibutuhkan waktu antara 2-3 minggu biji kurma tersebut akan mengeluarkan tunasnya, jika sudah bertunas maka selanjutnya adalah perawatan seperti penyiraman harus sering dilakukan agar tumbuhan tidak layu atau mati.
  10. Tunggu sampai beberapa bulan berikutnya, tanaman baru kurma dapat ditanam di kebun, halaman rumah atau dihalaman masjid.

Demikian tips atau tata cara penanaman tumbuhan kurma di masa pandemi seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat.

Recommended For You

Tulis Komentar