7 Peluang Usaha Menarik di Masa Pandemi Covid-19

Reading Time: 4 minutes

Penulis : Risa

NgajiGalileo – Pandemi covid-19 yang telah mewabah beberapa bulan ini, belum juga menunjukan tanda-tanda akan berakhir. Kondisi tersebut memaksa setiap orang untuk tetap di rumah saja dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Pemerintah juga menerapka aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah.

Adanya pandemi ini menimbulkan dampak buruk terutama di bidang ekonomi. Banyak pusat perbelanjaan, restoran bahkan warung-warung kecil yang terpaksa tutup.

Beberapa perusahaan juga harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran. Hal ini juga menjadi penyebab meningkatnya angka pengangguran di Indonesia.

Akan tetapi kita harus berupaya melakukan sesuatu supaya kita mampu bertahan dalam situasi seperti ini, kita harus pintar-pintar memutar otak untuk menemukan peluang usaha lain yang cocok dijalankan di tengah pandemi covid-19 ini.

Berikut ini kami paparkan 7 ide peluang usaha yang menarik di masa pandemi covid-19, yaitu :

1. Dropshipper

Adanya himbauan untuk di rumah saja dan menerapkan social distancing, membuat kebanyakan orang lebih memilih opsi berbelanja secara online, mengingat ruang gerak yang terbatas saat ini untuk melakukan belanja secara manual.

Menjadi seorang dropshipper di tengah pandemi covid-19 ini merupakan ide usaha yang paling memungkinkan. Usaha ini banyak dimiinati orang karena kepraktisannya yang menjadi pendorong seseorang untuk memulai bisnis dengan modal kecil.

Seorang dropshipper tidak perlu menampung barang yang di beli oleh pelanggan, seorang dropshipper juga tidak perlu mengirimkan satu persatu barang tersebut kepada pembeli.

Tugas seorang dropshipper hanyalah menawarkan produk supplier, kemudian supplier lah yang akan mengirim barang tersebut kepada pembeli atas nama dropshipper. Seorang dropshipper dapat menentukan harga jual yang berbeda dengan supplier. Selisih harga itulah yang menjadi keuntungan bagi dropshipper.

2. Produksi Jamu Ramuan Herbal

Hingga saat ini vaksin untuk menangkal virus corona belum juga berhasil ditemukan. Sehingga kita memerlukan alternatif lain sebagai pengganti vaksin agar sistem imun kita tetap terjaga.

Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan berbagai rempah-rempah. Kunyit, temulawak, jahe, kencur, dan daun sereh terkenal mengandung bahan alami yang dapat meningkatkan sistem imun.

Oleh karena itu, kekayaan alam ini harus kita manfaatkan dengan baik. Salah satunya yaitu dengan mengolah rempah-rempah tersebut menjadi jamu herbal. Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha, dengan memproduksi jamu tersebut dan mendistribusikannya.

Karena pada saat ini kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan ataupun menjaga sistem imun sedang meningkat tinggi. Sehingga usaha ini akan sangat menguntungkan di jalankan di masa pandemi covid-19 ini.

3. Les Privat Online

Akibat pandemi covid-19 semua sistem belajar mengajar harus beralih menjadi sistem daring atau online. Tidak sedikit orang tua yang mengeluh ketika anaknya mengalami kesulitan belajar, apalagi ketika tugas-tugasnya mulai menumpuk. Karena tidak semua orang tua mampu membimbing sendiri anak mereka.

Akibatnya para orang tua lebih memilih untuk menggunakan jasa pengajar privat secara online agar aktivitas belajar sang anak lebih efisien meskipun dalam masa pandemi seperti ini. Hal ini juga menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin mengandalkan pengetahuannya untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

4. Jualan Makanan Beku

Selama masa karantina atau isolasi mandiri di rumah, setiap keluarga secara tidak langsung harus memiliki stok makanan sesuai kebutuhan agar mengurangi intensitas keluar rumah untuk berbelanja.

Banyak keluarga lebih memilih menyetok makanan beku (frozen food) karena dinilai lebih bertahan lama dan juga praktis. Keadaan ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda khususnya yang gemar memasak.

Anda bisa menjual masakan Anda dalam keadaan frozen agar aman dan mampu bertahan lama. Jika Anda tidak terlalu berbakat memasak, Anda tetap bisa mengambil peluang ini dengan menjadi agen frozen food di wilayah Anda.

5. Jasa Antar Kirim

Jasa antar kirim atau yang sering dikenal dengan sebutan kurir, masih menjadi primadona saat ini. Karena profesi ini merupakan salah satu sektor yang diizinkan tetap beroperasi meskipun sedang diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal ini adalah karena adanya kebijakan-kebijakan yang memaksa setiap orang untuk tetap di rumah dan jaga jarak. Sehingga tak sedikit orang lebih mengandalkan jasa kurir sebagai perantara jual beli ketika masa pandemi ini.

6. Bisnis Hand Sanitizer

Klaim bahwa hand sanitizer dapat membunuh kuman pada kulit untuk menghindari penularan virus corona, membuat angka permintaan pasar akan hand sanitizer menjadi naik pesat.

Hal itu menyebabkan banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan produk tersebut. Tidak sedikit orang bahkan sampai tega berlaku curang dengan menimbun barang tersebut, sehingga sempat menyebabkan kelangkaan pada produk hand sanitizer.

Sebenarnya pembuatan hand sanitizer sendiri sangatlah mudah, kita bisa membuat sendiri di rumah sesuai standar dari WHO. Karena permintaan hand sanitizer yang tinggi, kita dapat menjadika kegiatan ini untuk memulai usaha.

7. Produksi Masker

Tidak hanya hand sanitizer, permintaan pasar akan masker juga melonjak tinggi sejak wabah covid-19 ini muncul. Berbagai jenis masker laku keras di pasaran, termasuk masker kain yang bisa di produksi sendiri ketika di rumah saja.

Bagi Anda yang memiliki skil menjahit, usaha ini akan sangat menjanjikan, mengingat permintaan pasar akan masker kain juga sangat meningkat.

Meskipun masker kain tidak seefektif masker N95 atau masker lain yang biasa tersedia di apotek, setidaknya masker kain cukup bermanfaat untuk meminimalisir paparan droplet virus corona dalam aktivitas sehari-hari di luar ruangan.

Ilustrasi gambar www.pexels.com

Recommended For You

Tulis Komentar