6 Tips Alami Redakan Nyeri Haid yang Berlebihan

Reading Time: 3 minutes

Menstruasi merupakan kondisi alami yang terjadi pada wanita secara rutin setiap bulannya. Kondisi ini tak jarang menyebabkan rasa nyeri yang berlebihan, bahkan sebagian besar wanita selalu mengalami rasa nyeri ketika menstruasi datang.

Rasa nyeri itu timbul karena rahim harus melepaskan lapisan alami setiap bulan ketika otot-otot rahim mengalami kontraksi. Pembuluh darah yang disuplai ke rahim pun akan menjadi sempit. Aliran darah pun akan berkurang, akibatnya rasa sakit atau nyeri pun akan muncul saat menstruasi.

Nyeri yang berlebihan pada periode menstruasi umumnya disebut dengan stagnasi, yaitu ketika wanita merasa kekurangan energi. Perasaan nyeri dan kram yang menyakitkan ketika menstruasi ini terkadang menjadi momok tersendiri bagi setiap wanita.

Karena keadaan ini memang sangat mengganggu aktivitas seseorang. Untuk itu berikut kami akan memberikan 6 tips alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri haid yang berlebihan.

1. Gunakan Kompres

Gunakan kompres hangat di daerah perut bawah. Rasa hangat memang dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Disebutkan bahwa dengan menempelkan sesuatu yang panas akan sama efektifnya dengan mengonsumsi ibuprofen ketika nyeri terjadi.

Dampak fisiologis dari kompres hangat adalah membuat otot tubuh lebih rileks karena peningkatan suhu pada area tertentu membantu proses vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) sehingga memperlancar peredaran darah. Dengan demikian dapat menurunkan atau menghilangkan rasa nyeri.

Selain itu Anda juga bisa mencoba menggunakan kompres dingin yaitu dengan menempelkan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin sebelumnya.

Dampak fisiologisnya adalah vasokonstriksi (pembuluh darah penguncup) dan penurunan metabolik, membantu mengontrol perdarahan dan pembengkakan karena trauma, mengurangi nyeri, dan menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot.

2. Lakukan Pemijatan

Lakukan pemijatan ringan di daerah perut bawah. Lakukan pemijatan searah jarum jam dengan gerakan memutar dan ringan dengan menggunakan ujung jari.

Gunakan juga minyak bayi atau krim untuk membantu pemijatan. Fungsi dari minyak bayi atau krim dapat juga sekaligus sebagai aroma-therapy membuat efek relaksasi dan meringankan beban nyeri yang Anda rasakan.

3. Mengatur Pola Makan

Pastikan Anda tidak melewatkan makan. Jangan takut menjadi gemuk. Triknya adalah dengan mengatur porsi makan. Makanlah dengan porsi kecil-kecil namun sering.

Dengan mengatur pola makan demikian, Anda akan mudah mengatur ukuran lingkar perut tanpa khawatir membesar. Jadi, makanlah makanan yang ringan namun dengan frekuensi yang agak sering.

Hindari makanan yang berlemak, minuman bersoda dan usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori. Selain itu, diet vegetarian rendah lemak dapat membantu menjaga kesehatan dan mengurangi perasaan kram yang timbul.

4. Memperbanyak Makanan yang Mengandung Magnesium

Mengatasi nyeri yang terjadi saat menstruasi dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium pada pola makan kamu.

Disebutkan bahwa asupan magnesium yang cukup dapat membantu meringankan rasa sakit. Selain untuk mengatasi kram menstruasi, kandungan magnesium dapat membantu untuk mengatur fungsi saraf dan otot. Asupan magnesium yang baik bagi wanita pada usia subur adalah 320 miligram setiap harinya.

5. Minum Minuman Hangat

Minuman yang hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri, namun minuman yang mengandung kafein, alkohol dan tinggi gula harus dihindari karena dapat memperparah rasa nyeri.

Untuk itu Anda juga harus pintar-pintar dalam memilih minuman yang akan Anda konsumsi. Misalnya Anda dapat mencoba jahe hangat atau STMJ (Susu Telor Madu Jahe) sebagai pilihan minuman Anda, karena minuman tersebut tidak mengandung kafein.

7. Berolahraga Secara Rutin

Dengan berolahraga secara rutin, Anda dapat meningkatkan endorfin pada tubuh, sehingga menghilangkan rasa nyeri ketika menstruasi. Selain itu, naiknya endorfin pada tubuh dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Selain itu dsebutkan bahwa peregangan dan olahraga aerobik saat haid dapat membantu meredakan nyeri haid. Hal ini salah satunya disebabkan oleh adanya pelepasan endorfin saat berolahraga yang bisa menghilangkan rasa nyeri.

Itulah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi atau meredakan rasa nyeri ketika haid. Semoga bermanfaat! (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar