7 Camilan yang Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Reading Time: 3 minutes

Bagi seorang penderita kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan merupakan suatu hal yang sangat perlu diperhatikan. Karena tidak semua jenis makanan boleh mereka konsumsi.

Bagi penderita kolesterol tinggi, setiap gigitan pada makanan mungkin akan terhitung jumlah kolesterolnya walaupun itu hanya camilan di antara waktu makan.

Selain itu terdapat beberapa pantangan makan yang harus dihindari oleh setiap penderita kolesterol tinggi.

Misalnya, jenis makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan, jenis makananan cepat saji, jeroan ayam, udang, dan lain-lain. Sehingga dengan banyaknya jenis makanan yang harus dihindari ini, membuat para penderita kolesterol semakin berhati-hati jika hendak memasukan setiap suap makanan kedalam mulut mereka.

7 Camilan Enak untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi Anda masih tetap bisa mengonsumsi beberapa makanan camilan, berikut 7 camilan yang cocok dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan kolesterol. Kacang sangat kaya akan serat larut. Sehingga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung HDL atau kolesterol baik adalah kacang almond, kacang kenari, dan kacang pecan. Namun pastikan tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Untuk itu, cukup konsumsi setidaknya 30 gram kacang, atau setara dengan 24 kacang almond atau 14 kacang kenari, untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

2. Salad Buah

Daripada mengonsumsi permen, lebih baik konsumsi buah untuk asupan gula. Apel, stroberi, dan buah-buahan sitrus mengandung banyak pektin yang merupakan salah satu serat yang dapat mengurangi kolesterol jahat.

Jeruk Clementines juga adalah pilihan yang baik karena mengandung potasium yang dapat membantu tekanan darah. Buah juga kaya akan serat, Anda bisa ngemil buah yang diolah menjadi salad buah.

Cukup potong buah-buah favoritmu, misalnya, mangga, apel, melon, dan buah naga. Kemudian tambahkan sedikit yogurt agar terasa lebih segar.

3. Roti Gandum

Selain sebagai program diet, roti gandum juga pilihan tepat untuk camilan bagi penderita kolesterol tinggi. Karena roti gandum mengandung biji-bijian yang kaya akan serat dan protein.

Roti gandum juga memiliki banyak manfaat tambahan, hanya dengan satu iris dapat memberi Anda sekitar 2gr protein dan 2gr serat.

4. Keripik Kentang Homade

Memang keripik kentang kerap dihindari penderita kolesterol. Namun bukan berarti tak boleh dikonsumsi sama sekali. Tak ada salahnya jika membuat keripik kentang sendiri di rumah.

Buatlah keripik kentang rendah kalori, tinggi serat, dan diisi dengan kalium, serta mineral yang membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Jadi buatlah keripik kentang Anda sendiri dengan versi dipanggang. Bumbui dengan sedikit minyak zaitun yang sehat untuk jantung, dan bumbu herbal seperti rosemary.

5. Oatmeal

Jangan berpikir kalau oatmeal hanya hidangan yang pas untuk sarapan, namun juga baik untuk menurunkan kolesterol sebagai camilan.

Oatmeal mengandung serat yang dapat menyerap kolesterol dan membantu memindahkannya melalui sistem pencernaan tanpa diserap ke dalam tubuh.

Selain itu, serat ini terhubung dengan asam empedu untuk membantu ekskresi, memaksa hati Anda untuk membuat lebih banyak empedu, yang membantu menurunkan kolesterol LDL.

6. Popcorn

Popcorn merupakan salah satu camilan yang berasal dari biji jagung utuh yang mengandung serat tinggi dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Popcorn dapat menjadi camilan sehat dan tepat jika diolah dengan cara yang benar. Ganti penggunaan mentega dengan minyak zaitun dan tambahkan keju parmesan agar popcorn terasa lebih lezat namun tetap sehat.

7. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau yang lebih dikenal dengan sebutan kwaci ini, merupakan salah satu camilan yang juga termasuk ke dalam makanan penurun kolesterol. Karena kwaci memiliki kandungan sterol yang berguna dalam menghambat kolesterol.

Nah itulah 7 rekomendasi makanan camilan yang cocok di konsumsi bagi Anda pemilik kolesterol tinggi.

Setiap makanan yang disebutkan di atas memberikan manfaat tersendiri, tetapi perubahan pola hidup juga membantu dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Selain merubah menu makanan, menurunkan kolesterol tinggi dapat diimbangi dengan olahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal, serta berhenti merokok. (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar