AMANKAH MENIKMATI KOPI DI PAGI HARI SAAT PERUT KOSONG

Reading Time: 3 minutes

Amankah Menikmati Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong – Menyeduh kopi di pagi hari merupakan sebuah kenikmatan tersendiri bagi para pecinta kopi. Hal ini pula telah mendarah daging pada diri kebanyakan orang karena telah menjadi sebuah kebiasaan atau rutinitas pagi sejak dulu sebelum memulai kegiatan.

Karena meminum kopi di pagi hari di klaim dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mencegah kantuk. Sehingga akan terasa ada yang kurang bila momen ini terlewatkan.

Beberapa orang lebih merelakan waktunya yang singkat itu untuk menikmati secangkir kopi dibandingkan untuk menyantap sarapan pagi.

Namun perlu diperhatikan, meminum kopi di pagi hari ketika perut dalam keadaan kosong atau belum terisi makanan sedikit pun itu sangat tidak baik dan akan berbahaya untuk kesehatan.

Alasan Menghindari Minum Kopi disaat Perut Kosong

Berikut ini beberapa alasan mengapa tidak dianjurkannya meminum kopi ketika perut dalam keadaan kosong.

1. Memicu stres dan cemas

Selain dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, meminum kopi sebenarnya juga dapat meningkatkan kecemasan dan stres. Hal ini karena Meminum kopi dapat meningkatkan kadar hormon stres, seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin.

Kondisi ini tidak akan menjadi sebuah masalah ketika berhasil diimbangi oleh hormon serotonin, hormon yang berfungsi meningkatkan rasa tenang serta kebahagiaan dalam diri.

Namun pada kenyataannya, otak memproduksi hormon serotonin ini lebih rendah ketika di pagi hari. Sehingga hormon-hormon tersebut mengalami ketidakseimbangan yang menyebabkan hormon pemicu stres lebih dominan.

Selain itu, kandungan kafein dalam kopi mempunyai kemampuan untuk merangsang sistem saraf, yang berarti terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian, Anda lebih mudah merasa cemas dan stres.

Kafein juga dapat membuat perut mules yang juga berpotensi memicu gejala dehidrasi dan menguras energi serta menyebabkan sakit kepala.

Akan tetapi jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati secangkir kopi di pagi hari asalkan perut telah terisi. Karena diketahui bahwa makanan memiliki efek baik dalam menenangkan sistem pencernaan dan sistem saraf.

Oleh karena itu, makan lebih awal sebelum meminum kopi dapat membantu menurunkan efek pemicu stres yang dibawa oleh kopi.

2. Menyebabkan asam lambung naik

Asam lambung memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran pencernaan makanan, dan ini diproduksi ketika Anda makan, mencium aroma makanan, atau bahkan saat sedang memikirkan makanan.

Di sisi lain, asam lambung adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa ada makanan apapun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

Kopi, bahkan kopi dekafein (decaf) sekalipun, telah terbukti untuk merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

3. Gangguan pencernaan

Asam klorida di lambung sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mencerna makanan yang dikonsumsi.

Akan tetapi, produksi asam klorida berlebihan saat minum kopi dalam kondisi perut kosong membuat pencernaan menjadi terganggu sehingga menyebabkan mulas dan harus bolak balik ke kamar mandi.

Selain itu, bakteri jahat di dalam usus akan memakan protein dan mengeluarkan kentut berbau busuk.

4. Menghilangkan nutrisi

Menurut sebuah riset diketahui bahwa kopi memiliki kemampuan untuk mengosongkan lambung dengan cara mengeluarkan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Dengan demikian, karena tidak adanya makanan dalam lambung ketika Anda minum kopi pada saat kondisi perut kosong, maka vitamin dan mineral lah yang akan terserap keluar dari tubuh. Sehingga memungkinkan tubuh kekurangan nutrisi.

5. Menghambat produksi hormon kortisol

Seperti yang telah dijalaskan sebelumnya, minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengganggu produksi hormon kortisol. Di pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan kita. Ketika Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein untuk bikin melek.

Namun lama kelamaan, ketergantungan tubuh akan kafein justru menyebabkan tubuh menjadi kebal terhadap efek kafein. Sehingga sudah tak berpengaruh lagi efek untuk menahan kantuk seusai minum kopi.

Dari urain di atas dapat disimpulkan bahwa, meminum kopi di pagi hari sebenarnya boleh saja dan tetap aman saja, asalkan isilah terlebih dahulu perut Anda sebelum menikmati kopi. Supaya beberapa dampak negatif yang telah kami sebutkan di atas tidak terjadi pada Anda. Semoga bermanfaat! (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar