Begini Cara Merawat Lampu LED Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Cara merawat lampu LED Motor agar awet dan tahan lama. Penting untuk memperhatikan arus kelistrikan motor sebelum memasang lampu LED pada motor kesayangan Anda. Karena jenis lampu LED membutuhkan arus listrik yang stabil.

Jika motor Anda masih menggunakan kelistrikan dengan arus AC seperti pada motor keluaran lama, maka kemungkinan besar tidak efektif sebab lampu LED bisa kedap-kedip dan kemudian akan mati.

Mengganti lampu LED tanpa diikuti perubahan pada bagian lainnya tentu akan membuat penggunanya merugi. Jadi, pastikan merubah kelistrikan motor Anda terlebih dahulu dari arus AC ke arus DC.

Namun, jika motor Anda keluaran terbaru yang mekanisme kelistrikannya sudah menggunakan arus DC, tentu akan lebih mudah memasangnya. Dan, Anda hanya perlu memperhatikan merek yang berkualitas sehingga lampu LED Anda lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga:   Kata-kata Motivasi untuk Diri Sendiri Bikin Hari-hari Lebih Bersemangat

Cara Merawat Lampu LED Motor

Banyak jenis lampu LED beredar di pasaran yang menawarkan harga lebih murah. Anda harus hati-hati saat membelinya. Jangan tergiur harganya sehingga membuat lampu yang baru Anda beli cepat rusak atau mati.

Jadi sangat penting memilih lampu motor LED bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) yang tentunya mutu dan kualitasnya sudah terjamin, sehingga lampu lebih awet, nyala lebih terang, dan nyaman saat dibuat berkendara.

Ketika Anda sudah membeli lampu LED untuk motor Anda, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar lampu motor lebih awet dan tahan lama. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan, seperti :

  • Saat akan memasangnya, pastikan letak titik lampu aman dan tempatnya sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala terhadap lampu LED dan komponen-komponen yang melekat pada lampu, seperti dudukan atau breket lampu LED, kabel, dan lain-lain.
  • Bersihkan bagian penampang secara rutin agar cahaya terangnya keluar lebih maksimal. Untuk ini, Anda bisa membersihkan penampang sembari memanaskan motor di pagi hari.
  • Jangan sembarangan mengotak-atik kelistrikan motor dengan lampu LED, seperti menambah kabel atau mengganti saklar. Karena bisa membuat putus saat arus listrik yang masuk berlebihan.
  • Jika ingin lebih aman, serahkan pemasangan pada ahlinya atau pada mekanik yang sudah berpengalaman.
Baca Juga:   Cara Merawat Mobil Agar Performa Tetap Andal dan Nyaman

Demikian cara merawat lampu LED motor yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat untuk kamu agar lampu motor tetap awet dan tahan lama. Terima kasih


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar