Cara Membaca Al-Quran Lewat HP Tanpa Perlu Mendownload Aplikasi

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Bagaimana cara membaca Al-Quran melalui smartphone (HP)? Ternyata mudah kok, karena kamu tinggal buka fitur Al-Quran di Ngaji Galileo. Kemudian pilih Surat mana yang akan kamu baca. Asyiknya, kamu gak perlu repot mendownload aplikasi saat membacanya.

Namun ingat, pastikan kamu sudah memahami hukum tata cara membaca Al-Qur’an. Selain itu perhatikan tajwid-nya agar tidak ada kesalahan ketika membaca Al-Quran melalui smartphone.

Lalu, apa yang harus diperhatikan saat membaca Alquran secara online? Pastinya menyiapkan aplikasi Al-Quran terlebih dahulu di HP. Tapi itu dulu, sekarang kayaknya gak perlu repot-repot mendownload aplikasinya.

Nah, lebih jelasnya, yuk simak artikel tentang cara membaca Al-Qur’an lewat HP tanpa perlu mendownload aplikasi. Penasaran, silahkan scroll halaman ini terus sampai ke bawah.

Cara Membaca Al-Quran Lewat HP

Saat ini kamu bisa membaca Al-Quran setiap hari secara online dengan mudah. Caranya, cukup ikuti panduan mengaji Alquran berikut ini:

  1. Langkah pertama, buka laman situs website ngajigalileo.com di hp
  2. Lalu tekanlah menu AL-QURAN yang ada di halaman utama. Tepatnya di bagian kiri atas.
  3. Setelah itu, pilih surat tertentu yang ingin kamu baca dengan menekan tombol Pilih Surat.
  4. Kemudian muncul surat Al-Quran sesuai pilihan kamu, misalnya Al-Baqarah, An-Nisa, Maryam, dll.
  5. Selesai, dan silahkan membaca Al-Quran sampai selesai.
Baca Juga:   Saffron, Bunga Sultan yang Kaya Manfaat

Total ada 114 Surat Al-Quran yang bisa kamu baca, mulai dari Surat Al-Fatihah hingga An-Nass. Menariknya terdapat pilihan bahasa terjemahan, ada bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda dan masih banyak bahasa lainnya.

Memahami Adab Membaca Al-Qur’an

Sebelum membaca kitab suci Al-Qur’an, sebaiknya kamu memahami hukum tata cara atau adab membacanya. Adapun adab membaca Alquran adalah sebagai berikut:

1. Mengawali dengan Niat Karena Allah Ta’ala

Niat merupakan keinginan melakukan sesuatu atau perbuatan. Niat ini biasanya di awal, artinya sebelum melakukan perbuatan berdasarkan tujuan yang sudah ditentukan.

Untuk mengimplementasikan niat, sebaiknya hati-hati. Dalam hal ini niat membaca Al-Quran yang sebaiknya karena Allah Ta’ala. Dan, bukan niat lain yang malah menjadikan kamu riya atau pamer.

Baca Juga:   Apakah Isra Mi'raj itu Rasional ?

2. Melaksanakan Wudhu (Bersuci)

Menurut Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Sya’roni Ahmadi, Al-Quran dalam bentuk mushaf (kitab suci) harus dipegang dalam keadaan suci. Maksudnya, suci dari hadast kecil maupun besar.

Sedangkan untuk Al-Quran terjemahan, tidak perlu berwudhu. Dengan catatan jumlah tulisan terjemahannya lebih banyak daripada tulisan Al-Quran.

Umat Islam sepakat bahwa membaca Alqur’an bagi orang yang berhadas kecil (tanpa punya wudhu) dibolehkan, namun lebih baik baginya untuk mensucikan dirinya untuk itu.

Syekh an-Nawawi

3. Membaca Al-Quran di Tempat dan Waktu yang Pas

Jika kamu membaca Al-Quran di kamar mandi atau toilet, maka hukumnya makruh. Demikian juga dengan penggunaan pengeras suara yang di luar batas kewajaran waktunya. Contoh pada saat laut malam di tengah masyarakat yang majemuk.

Baca Juga:   Cara Merawat Dompet Agar Awet dan Tahan Lama

Karena itulah, penting bagi umat muslim membaca kitab suci Al-qur’an di tempat yang pas dengan waktu yang tepat. Jangan sampai kebablasan, sehingga membuat kondisi lingkungan menjadi tidak kondusif.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai cara membaca Al-Quran lewat HP. Semoga informasinya bermanfaat buat kamu semua. Sekian dan terima kasih

Sumber:

  • Muhammad Faizin. Membaca Al-Qur’an Bisa Jadi Makruh Jika… nu.or.id
  • Abdullah Alawi. Kiai Sya’roni Terangkan Etika Pegang Al-Qur’an. nu.or.id

Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar