Cara Mengatasi Router Wi-Fi Yang Melambat

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Cara Mengatasi Router Wi-Fi. Salah satu hal utama sebelum membeli router adalah dengan memperhatikan kecepatan internet dan menyesuaikan dengan kecepatan router yang akan Anda beli. Untuk mengetahuinya, sebenarnya Anda bisa menanyakan langsung kepada penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP).

Untuk memudahkan Anda, berikut ini penjelasan mengenai kecepatan Wi-Fi dan kecepatan router yang harus Anda ketahui sebelum membelinya.

Kecepatan internet Wi-Fi ini biasanya diukur dalam megabit per detik (Mbps). Semakin tinggi angka Mbps, semakin cepat koneksinya. Dan, biasanya ISP akan menawarkan produknya berdasarkan pada kecepatan unggah, seperti 10Mbps, 20Mbps, 50Mbps, 100Mbps, 200Mbps, 500Mbps, bahkan hingga 1000Mbps/ 1Gbps.

Baca Juga:   9 Tips Masuk Rumah agar Terhindar dari Covid-19

Namun, yang perlu Anda perhatikan disini adalah, meskipun router Anda memiliki kecepatan yang lebih tinggi, tapi kecepatan internet yang disediakan ISP sangat rendah, maka router yang berkinerja lebih tinggi tidak akan mempercepat koneksi Anda.

Karena itu kami menyarankan Anda memilih jenis router yang berteknologi lebih maju, seperti teknologi 2.4/5.8 GHz yang memungkinkan router untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi, bisa mencapai hingga 600 Mbps.

Selain itu, jangan tergiur dengan harga murah yang bisa berakibat pada kualitas dan keandalannya yang buruk, sehingga membuat Anda terjebak dalam permasalahan-permasalahan baru yang bisa merugikan Anda.

Cara Mengatasi Router Wi-Fi Yang Melambat

Saat Anda sudah membeli router dan memasangnya di rumah, pastinya harapan besar internet akan berjalan dengan lancar dan cepat. Namun, jika kemudian tiba-tiba koneksi melambat dan pekerjaan Anda terganggu, maka Anda tidak perlu panik. Beberapa hal berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut:

  • Cek kembali di mana Anda meletakkan router. Karena sebaiknya Anda meletakkan router di ruang tengah yang memungkinkan router bisa mengirimkan sinyal ke segala arah dan bisa menjangkau seluruh bagian ruangan di rumah Anda.
  • Sebaiknya hindari meletakkan router dekat dengan alat-alat elektronik yang mengeluarkan sinyal elektromagnetik, seperti TV, microwave, dan lain-lain. Karena hal ini bisa menyebabkan kinerja sinyal Wi-Fi melemah.
  • Usahakan antena berada dalam posisi vertikal yang bertujuan agar sinyal lebih mudah menjangkau ke seluruh bagian ruangan.
  • Lakukan pengaturan tertentu pada piranti lunak router sehingga Anda mendapatkan kecepatan terbaik saat menggunakan internet. Untuk ini, Anda bisa melakukan pengaturan channel, atau juga bisa melakukan pemutakhiran firmware.
  • Untuk mengetahui masalah koneksi, Anda bisa melakukan speed test. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan koneksi kabel, atau juga bisa dengan Wi-Fi. Jika keduanya ternyata hasilnya sama-sama buruknya, maka bisa dipastikan masalahnya ada pada penyedia layanan internet Anda.
Baca Juga:   Cara Merawat Karpet Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Demikian informasi tentang cara mengatasi router Wi-Fi. Semoga bermanfaat buat semuanya. Amiin


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar