DESTINASI WISATA BARU DI DESA KALIANYAR BOJONEGORO

Reading Time: 2 minutes

Destinasi Wisata Baru di Desa Kalianyar Bojonegoro – Desa Kalianyar adalah desa dengan letak yang sangat dekat dengan pusat pemerintahan kabupaten Bojonegoro, desa ini berbatasan langsung dengan tugu selamat datang di Kota Bojonegoro.

Terbaru, desa ini memiliki tempat wisata baru yang mulai dikenalkan dengan nama ‘Taman Mumbul’ hasil sebuah inovasi yang mulai banyak dikenal oleh masyarakat sekitar desa tersebut.

Keberanian desa-desa dalam berinovasi memang sangatlah penting, dalam hal ini bertujuan untuk menambah Penghasilan Asli Desa ( PAD ). Disamping sektor wisata, sektor lainnya seperti perdagangan, pasar desa, penyediaan alat-alat pertanian dan kuliner memang perlu dipertimbangkan sesuai dengan karakteristik desa.

Desa Kalianyar yang sekarang dipimpin oleh kepala desa bapak Ibnu Ismail sudah pada periode kedua, sejak diperiode awal kepala desa ini sudah mempunyai keinginan untuk membuat tempat wisata didesanya.

Berbagai pertimbangan seperti hasil diskusi-diskusi dengan berbagai pihak terkait, mulai dari jenis wisata, tempat yang cocok sampai hal-hal lainya pun dibahas dengan detail. Masukan-masukan dari warga maupun unsur-unsur lembaga sangatlah penting untuk dijadikan referensi tambahan.

Dari berbagai usaha tersebut lahirlah sebuah taman wisata baru yang terletak disebelah balai desa kalianyar, taman wisata ini dilengkapi dengan kantin sebagai tempat kuliner, wisata menjelajahi taman dengan menaiki sepeda air bebek, serta berbagai gazebo dengan pemandangan yang sejuk.

Kepala desa Ibnu menjelaskan terkait pemberian nama taman mumbul ini diputuskan ketika sedang musyawarah, nama Taman “MUMBUL” sendiri itu mempunyai arti Maju, Mandiri, Bermartabat dan Unggul.

Dimasa kenormalan baru tempat wisata ini di buka untuk umum dengan tetap memperhatikan standart kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, terutama setelah Ibu Bupati Bojonegoro secara simbolik membuka kembali tempat-tempat wisata yang ada di Bojonegoro.

PENGUNJUNG RAMAI KETIKA AKHIR PEKAN

Pengunjung wisata yang tergolong baru ini memang masih biasa-biasa, kunjungan perhari diperkirakan antara 75 – 200 orang, hal ini berbeda ketika akhir pekan, pengunjung wisata bisa lebih banyak dari hari biasanya.

Ketika malam minggu biasanya ada pentas musik, hal ini ternyata sangatlah ampuh untuk menambah jumlah pengunjung yang hadir untuk sekedar menikmati musik dilengkapi dengan berbagai jajanan yang bisa dipesan dikantin wisata tersebut.

Pengelolaan wisata taman mumbul ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ‘Bumi Karya’. Dengan harapan bisa meningkatkan PAD Desa disamping juga untuk memberikan ruang pekerjaan dan usaha bagi warganya.

Bagi anda yang yang ingin mencoba tempat wisata baru, taman mumbul di desa Kalianyar layak untuk dijadikan daftar referensi baru dalam berwisata terutama bersama keluarga, tentu harus tetap memperhatikan standart protokol kesehatan. (Mubin)

Recommended For You

Tulis Komentar