Perubahan Iklim Mengakibatkan Perubahan pada Warna Bunga di Seluruh Dunia

Reading Time: < 1 minute

Dampak perubahan iklim tidak hanya meningkatkan suhu bumi saja, melainkan juga perubahan yang mungkin kita hanya bisa geleng-geleng kepala.

Bagaimana tidak, para peneliti telah menemukan bahwa telah terjadi perubahan warna bunga akibat meningkatnya radiasi sinar UV.

Perubahan warna ini letaknya pada pigmentasi, di mana terjadi peningkatan pigmentasi UV secara global dengan rata-rata 2 persen setiap tahun selama tujuh dekade terakhir.

Seperti diketahui bahwa, jumlah ozon di atmosfer semakin menurun sejak tahun 1970-an, sehingga membuat radiasi UV menjadi lebih intens. Hal ini yang kemudian membuat tumbuhan dan makhluk hidup lainnya terpapar lebih banyak radiasi UV.

Perubahan warna pada tanaman ini tentu bentuk adaptasi terhadap perubahan lingkungan. Bisa jadi membuat masyarakat menyukai perubahan warna ini, namun tahukah perubahan warna ini bisa berdampak pada reproduksi tanaman.

Hal itu tidak lepas dari faktor penyerbuk yang akan kesulitan ketika terjadi perubahan pigmen pada tanaman. Karena salah satu fungsi pigmen pada tanaman adalah untuk menarik penyerbuk. (Mecca)

Recommended For You

Tulis Komentar