Resolusi Pembelajaran di Masa Pandemi Agar Tetap Efektif

Reading Time: 3 minutes

Menginjak awal tahun 2020 yang lalu, banyak di antara kita yang menaruh harapan lebih hingga membuat sebuah perencanaan perubahan agar menjadi insan yang lebih baik lagi. Namun tak di sangka upaya tersebut harus terhambat atau terhenti sejenak, mengingat kondisi dunia pada saat ini yang sedang terus berjuang bersama menghadapi pandemi covid 19.

Kondisi ini telah melumpuhkan seluruh sendi kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengubah sistem pembelajaran menjadi  secara online di rumah masing-masing. Hal ini bertujuan agar hak pendidikan setiap anak tetap terpenuhi meski dalam kondisi pandemi seperti ini.

Belajar secara online di rumah bukan berarti bisa untuk bersantai-santai. Akan tetapi, justru bisa menjadi ajang bagi anak untuk melatih kemandirian dan tetap serius dalam mengejar setiap materi pelajaran yang diberikan. Karena pada dasarnya menutut ilmu adalah sebuah hal yang penting yang harusnya timbul atas kesadaran pribadi bukan karena paksaan.

Untuk itu, seharusnya dimana pun kita belajar dengan sistem apapun kalau kita telah menanam kesadaran akan pentingnya pendidikan terdebut, maka hal itu bukan menjadi alasan untuk kita tidak serius dalam belajar.

Agar pembelajaran tetap berjalan secara efektif, kita harus merancang beberapa strategi yang bisa kita terapkan agar pembelajaran tetap berjalan maksimal. Berikut diantaranya :

1. Mengatur Waktu dengan Baik

Untuk mengatur waktu belajar supaya bisa digunakan dengan baik, maka kita harus bisa menentukan mana yang jadi prioritas utama. Kalau dalam satu hari kita punya banyak hal yang harus dikerjakan, kita bisa membuat daftar atau list kegiatan dengan menuliskan apa saja yang harus kita kerjakan dalam satu hari.

Kemudian kita urutkan mulai dari kegiatan berskala prioritas tinggi, hingga yang paling tidak penting atau prioritasnya rendah. Dan yang tidak kalah penting adalah disiplin terhadap apa yang telah kita rencanakan.

2. Tidak Menunda Pekerjaan 

Salah satu faktor yang menghambat untuk mencapai target pembelajaran yang baik yaitu adalah kebiasaan menunda-nunda. Kebiasaan menunda-nunda lah yang menjadi penyebab besar dalam mencapai target dalam waktu yang tepat.

Oleh karena itu kita harus membuang sifat menunda-nunda tersebut dengan cara mengurangi waktu untuk bermain sosmed, bermain game, kurangi waktu bermain dengan teman , kurangi melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat serta menanamkan prinsip jika kebiasaan menunda-nunda adalah perbuatan sia-sia. Agar semua target-target kita cepat di capai.

3. Meminta Dukungan Kepada Orang Lain

Suasana rumah yang terlalu nyaman bisa membuat kita tergoda ingin bermalas-malasan lebih ekstra. Bagi Anda yang bisa menangkal permasalahan ini, tentunya ini adalah hal yang sangat bagus. Sehingga Anda bisa lanjut fokus kepada proses belajar Anda. Akan tetapi, buat Anda yang merasa permasalahan ini, tentu Anda butuh bantuan orang lain misalnya orangtua atau saudara Anda untuk membantu mengingatkan agar Anda bisa lebih fokus belajar di rumah.

Dengan adanya orang lain inilah di sekitar Anda, Anda akan merasa seperti diawasi sehingga bisa terhindar dari rasa malas dan keinginan untuk menunda pekerjaan. Selain itu orang lain juga dapat berfungsi sebagai pihak yang bisa mengevaluasi pemahaman kita terhadap sebuah materi pelajaran yang telah kita terima. Dalam konteks ini kita dapat melibatkan seorang teman atau dosen dan lain-lain.

4. Fokus dan Konsentrasi  

Kalau kita sudah membuat list daftar kegiatan, berkomitmen untuk tidak suka menunda pekerjaan, dan sudah meminta dukungan orang lain, maka langkah terakhir yang perlu kita lakukan yaitu fokus serta berkonsentrasi dalam pembelajaran.

Jauhkan perhatian kita dari sesuatu yang sekiranya bisa menciptakan distraksi. Seperti game di ponsel kesayangan, media sosial atau film yang tak sabar ingin kita tonton, dan lain-lain.

Tanamkan dalam diri bahwa semua itu bisa kita mainkan setelah kegiatan belajar selesai. Sehingga bisa menjadi sebuah motivasi lagi untuk kita agar segera menyelesaikan dan semangat belajar dengan baik dalam satu hari. Nah itulah mungkin strategi yang dapat kita lakukan agar proses belajar tetap berjalan dengan efektif. Cukup sekian, semoga bermanfaat! (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar