Saffron, Bunga Sultan yang Kaya Manfaat

Share artikel ini

Reading Time: 3 minutes

Beberapa waktu lalu saffron sempat menjadi bahan perbincangan yang ramai dibicarakan masyarakat karena khasiatnya yang luar biasa. Selain itu saffron juga terkenal karena harganya yang di bandrol sangat tinggi, yaitu setiap 500 gram saffron dijual sekitar Rp 7-70 juta tergantung kualitasnya. Sehingga tidak heran bila sebagian orang menyebutnya sebagai bunga sultan.

Saffron disini yang sebenarnya banyak dikenal masyarakat adalah bagian putik dari bunga Crocus sativus yang mengalami proses pengeringan. Bentuknya seperti benang halus yang berwarna merah tua dengan ujung berwarna oranye.

Sedangkan bunga Saffron sendiri adalah salah satu jenis bunga yang berasal dari Asia Barat Daya dan banyak tumbuh di kawasan Timur Tengah.

Saffron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum seperti rumput kering yang disebabkan zat kimia bernama picrocrocin dan safranal.

Safron juga mengandung crocin atau zat pewarna kuning keemasan. Dalam pengobatan tradisional, saffron digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit, selain itu masih banyak lagi manfaat dari bunga ini.

Baca Juga:   20 Eksperimen Sains yang Menyenangkan untuk Anak-anak di Rumah

Manfaat Saffon

Berikut merupakan beberapa manfaat Saffron :

1. Menangkal radikal bebas

Safron mengandung berbagai komponen antioksidan, sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Seperti telah kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

2. Mencegah gangguan sistem saraf

Antioksidan dalam safron dapat berperan dalam melindungi tubuh dari gangguan pada sistem saraf.

Selain itu senyawa crocin dalam safron dapat mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif pada otak.

3. Mengurangi rasa nyeri haid

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 30 gram saffron dapat mengatasi rasa nyeri dan inflamasi yang terjadi pada wanita. Manfaat ini juga bisa didapatkan hanya dengan menghirup aroma saffron selama 20 menit.

Oleh karena itu, bunga ini dikenal sangat bermanfaat untuk wanita yang mengalami rasa sakit atau nyeri saat PMS.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saffron terkenal memiliki banyak komponen antioksidan yang bermanfaat. Seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Crocin dan crocetin memiliki sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan progresif, anti peradangan, dan pengontrol nafsu makan yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

Baca Juga:   8 Akibat Buruk Sering Konsumsi Minuman Bersoda

Safranal memiliki sifat meningkatkan suasana hati, kekuatan memori, dan kemampuan berpikir seseorang. Adapun kaempfrol memiliki sifat anti-kanker yang bisa menekan pertumbuhan sel berbahaya dan membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat-obatan kemoterapi.

5. Memperbaiki mood dan mencegah depresi

Aktivitas sehari-hari yang melelahkan bisa membuat seseorang mudah meraasa depresi. Bunga saffron dapat mengatasi hal tersebut. Mengonsumsi saffron dipercaya dapat memperbaiki mood seseorang yang mengalami depresi dalam skala rendah hingga sedang.

Oleh karena itu, banyak orang yang menjual saffron dalam bentuk kapsul agar mudah dikonsumsi dan digunakan.

6. Bagus untuk penderita diabetes

Konsumsi bunga saffron menjadi salah satu cara alternatif untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh dengan cepat.

Selain itu, sensitivitas insulin juga akan meningkat sehingga gula darah di dalam tubuh bisa terjaga.

Selain bermanfaat dalam bidang kesehatan, saffron juga memiliki banyak khasiat dalam dunia kecantikan. Bunga saffron memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang juga memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah.

Baca Juga:   7 MAKANAN PENANGKAL MABUK PERJALANAN

Selain itu, saffron juga memiliki manfaat anti-inflamasi yang menenangkan kulit untuk mengurangi kemerahan, dan anti jamur yang digunakan untuk mengurangi jerawat.

Manfaat saffron untuk kecantikan bisa didapat dengan cara mengaplikasikannya ke seluruh permukaan wajah sebagai masker saffron. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan saffron ke dalam susu cair putih. Susu disini  berperan sebagai zat yang melepaskan sel kulit mati.

Nah, berikut ini manfaat lain dari penggunaan masker safrron untuk wajah :

  • Mengurangi iritasi kulit
  • Melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet
  • Mengatasi bekas jerawat
  • Mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Itulah berbagai manfaat dari bunga saffron baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk memperoleh hasil maksimal pada wajah, gunakan masker saffron ini secara rutin agar jerawat dan noda pada wajah cepat memudar. Semoga bermanfaat! (Risa)


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar