Tips Memilih Deterjen untuk Pakaian Bayi

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Memilih deterjen untuk pakaian bayi tentu tidak boleh sembarangan. Selain merek, bunda juga perlu memperhatikan komposisi bahan. Supaya mudah, ini dia tips memilih detergen bayi.

Tips yang pertama, pastikan pilih deterjen bayi yang wanginya tahan lama dan bagus. Selain itu perhatikan harga detergen bayi. Kalau memang ada yang lebih murah, Bunda bisa memilihnya asal aman untuk bayi.

Memang banyak produk detergen bayi baik di toko online maupun offline, seperti deterjen bayi di Indomaret. Bunda bisa membelinya di mana saja sesuai keinginan.

Nah, untuk detailnya, berikut tips memilh detergen bayi. agar Bunda tidak kesulitan lagi memilih mana deterjen yang bagus untuk pakaian bayi.

Tips Memilih Detergen Bayi

1. Usahakan memilih deterjen bayi bebas bahan pewangi buatan

Secara umum pewangi buatan pada deterjen bisa membuat pakaian lebih harum. Namun bahan ini bisa berbahaya terutama untuk kulit sensitif seperti bayi. Jadi sangat penting bagi Bunda untuk memilih deterjen pakaian bayi yang bebas bahan pewangi buatan.

Agar lebih aman, Bunda bisa memilih produk detergen pakaian bayi yang terdapat label fragrance-free dalam kemasannya, artinya produk tersebut bebas dari semua zat pewangi buatan.

2. Memilih deterjen dengan kandungan tanpa pemutih

Selain bebas pewangi buatan, Bunda sebaiknya juga memilih detergen pakaian bayi tanpa pemutih. Hal ini karena pemutih pakaian bisa membuat alergi serta memunculkan berbagai masalah kulit pada buah hati Bunda.

Baca Juga:   Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tahan Lama

Meskipun kandungan bahan yang digunakan efektif untuk membuat pakaian lebih putih dan bersih, tapi jenis bahan ini bisa meninggalkan residu pada pakaian meski dibilas beberapa kali. Jadi, pastikan detergen yang Bunda pilih aman dari bahan pemutih ini.

3. Uji coba deterjen terlebih dahulu

Untuk memastikan detergen yang dipilih aman bagi kesehatan bayi Bunda. Alangkah baiknya lakukan uji coba terlebih dahulu.

Caranya beli produk dalam kemasan yang paling kecil. Lalu gunakan produk tersebut untuk beberapa pakaian bayi Bunda. Kemudian biarkan bayi Bunda memakainya, tunggu beberapa hari, dan lihat reaksi yang ditimbulkan.

Jika kulit bayi Bunda tidak mengalami masalah kulit, seperti iritasi, ruam ataupun gatal-gatal, maka produk tersebut cocok digunakan untuk pakaian bayi Bunda. Tapi, jika hasilnya menimbulkan masalah kulit pada bayi Bunda, maka sebaiknya ganti produk yang lain.

Baca Juga:   4 Prediksi Kebiasaan Baru Pasca Pandemi Covid-19

4. Pilih bahan yang mengandung unsur alami

Produk dengan bahan-bahan kimia cenderung menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Solusi terbaik, pastikan komposisi bahan pembersih pakaian mengandung bahan organik atau alami yang aman bagi kulit bayi.

Bunda bisa melihat kandungan produk tersebut dalam kemasannya. Pastikan bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia seperi pemutih maupun pewangi buatan.

Jika Bunda masih ragu, maka sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu dengan membeli kemasan yang paling kecil. Atau, bisa menanyakan langsung kepada pembeli.

Demikian informasi tentang tips memilih deterjen bayi. Semoga tips sehari-hari dari ngajigalileo ini bisa bermanfaat buat semua orang. Amiin


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar