10 Istilah Baru dan Perkembangannya Saat Pandemi Covid-19 yang Wajib Anda ketahui

Reading Time: 2 minutes

Sejak diumumkan 13 Juli 2020 oleh Kementerian Kesehatan, pemerintah melakukan pergantian istilah terkait pandemi covid19, seperti istilah ODP, PDP, OTG dan kasus konfirmasi diubah menjadi masing-masing kasus suspect, kasus probable, kontak erat dan kasus konfirmasi.

Selain itu, ada beberapa istilah baru lain yang mungkin belum Anda ketahui. Yuk kita simak 10 istilah baru tersebut yang kami rangkum di bawah ini :

1. Kasus Suspect

Kasus suspect merupakan kasus infeksi saluran pernafasan akut, di mana dalam 14 hari sebelum sakit orang yang bersangkutan berasal/tinggal di daerah yang sudah terjadi local transmission.

2. Kasus Probable

Kasus ini merupakan kasus klinis yang diyakini COVID-19. Seseorang akan berada dalam kondisi keadaan berat dengan ARDS atau ISPA berat. Selain itu juga terjadi gangguan pernafasan yang sangat terlihat, namun belum dilakukan pemeriksaan laboratorium melalui RT-PCR.

3. Kontak Erat

Maksud dari kontak erat adalah, di mana seseorang kontak dengan kasus konfirmasi positif atau dengan kasus probable.

4. Kasus Konfirmasi

Dalam hal ini seseorang yang sudah terkonfirmasi positif setelah melalui pemeriksaan laboratorium RT-PCR. Untuk ini ada 2 macam kriteria yaitu kasus konfirmasi dengan gejala dan kasus konfirmasi tanpa gejala.

5. New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

New normal atau AKB adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, tapi juga dibarengi dengan menerapkan protokol kesehatan agar mencegah terjadinya penularan COVID-19.

6. PSBL (Pembatasan Sosial Berskala Lokal)

PSBL adalah pembatasan sosial berskala lokal yang fokusnya di skala RT (Rukun Tetangga) juga RW (Rukun Warga). Dalam PSBL ini diterapkan untuk area RW yang menjadi zona merah dan akan dimonitor dan diberlakukan pembatasan lokal.

7. Protokol Kesehatan

Prokol kesehatan adalah sejumlah panduan pencegahan dan pengendalian COVID-19 ketika masa New Normal. Hal ini dilakukan di tempat kerja perkantoran dan industri guna mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi. Misalnya dengan menjaga jarak sosial, menggunakan masker, mencuci tangan, dan lain sebagainya.

8. Herd Immunity

Herd Immunity (kekebalan kawanan) adalah perlindungan secara tidak langsung dari suatu penyakit menular yang terwujud ketika sebuah populasi memiliki kekebalan baik lewat vaksinasi maupun imunitas yang berkembang dari infeksi sebelumnya.

9. Rapid Test

Rapid test adalah metode pemeriksaan atau tes secara cepat didapatkan hasilnya.

10. Swab Test – PCR

Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan (sampel). Swab dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti  kapas lidi khusus.

Sedangkan PCR adalah singkatan dari polymerase chain reaction. Dengan Uji PCR akan didapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2.

Demikian 10 istilah baru dan perkembangannya di tengah pandemi covid-19. Semoga bermanfaat. (Mecca)

Recommended For You

Tulis Komentar