4 Tokoh Tersohor Dunia yang Mengajak Anda untuk Menulis

fauzing04 Reading Time: < 1 minute

NgajiGalileo – Banyak tokoh dunia yang hidup dengan cara menulis, dan namanya abadi hingga kini. Beberapa di antaranya kemudian menginspirasi banyak orang untuk selalu menulis.

Pertama, Imam Al-Ghazali, seorang filofos dan teologi muslim pernah mengatakan bahwa :

“Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis”.

Begitu besar peran seorang penulis dalam membangun peradaban. Bukan keturunan atau faktor genetis yang menjadikan sebuah nama akan abadi, melainkan dengan menulis dan menulis, maka Anda akan abadi.

Kemudian, Pramoedya Ananta Toer memberikan pesan :

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Makhluk terpelajar dan intelek boleh saja bersaing merebut kepandaian, baik itu di sekolah maupun di kampus. Akan tetapi, selama dia tidak menulis, maka seperti yang diungkapkan Pramoedya Ananta Toer, ia akan hilang dari sejarah.

Tidak perlu membayangkan hal-hal yang tidak kita ketahui dalam menulis. Cukup hal sederhana yang pernah terjadi dan ada di sekitar kita. Seperti yang disampaikan J.K. Rowling seorang novelis terkenal, yaitu:

“Mulailah menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalamanmu sendiri.”

Setiap insan memiliki pengalaman yang menarik. Anda bisa melihat itu pada diri Anda sendiri. Pengalaman yang tertulis akan menjadi kisah yang tentu saja dapat memberikan warna berbeda pada setiap pembacanya.

Tentu potensi tersebut, sudah ada dalam diri Anda. Cukup dengan memulai dan mengembangkannya. Karena dalam setiap tulisan, pasti terdapat ilmu di dalamnya. Ketika dibaca maka dapat memberikan manfaat bagi siapa pun. Sahabat rasulullah Ali Bin Abi Thalib ra berkata:

“Ikatlah ilmu dengan menulis.”

Recommended For You

Tulis Komentar