5 Cara Alami Mengatasi Tikus di Rumah

Reading Time: 3 minutes

Cukup mudah mengusir tikus! Bim salabim, tanpa beli racun tikus, tanpa senjata tajam, tanpa jebakan, dan tanpa permisi tikus akan pindah jauh dari rumah Anda. 

Berbagai cara dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah kontrakan, ada yang memberi racun tikus, membasmi dengan membuat jebakan tikus, dan bahkan ada yang mengejar-ngejar sambil membawa pentungan dan senapan hanya untuk membunuhnya.

Anda mungkin akan diprotes pecinta binatang jika melakukan hal itu, atau mungkin juga sumpah serapah tikus akan membuat hidup Anda semakin resah. Kurang ajar kamu, aku kutuk kamu jadi tikus! Ujar tikus dengan senyum kecut sambil menutup mulutnya. 

Sebenarnya cukup dengan mengenal perilaku tikus, Anda bisa membuatnya tidak betah tinggal berlama-lama di rumah Anda. Iya mengenalnya saja, tanpa salaman ya….

Pada dasarnya tikus hewan pengerat yang kecerdasannya melebihi si kancil. Tikus beranak bisa mengeluarkan  3 sampai 4 anakan tikus, bahkan lebih. Jadi jangan berharap Anda bisa mengalahkan kemampuan tikus dalam beranak.

Jangan khawatir juga, manusia bisa mengalahkan tikus tanpa harus dengan kekerasan, tanpa harus menggunakan racun, apalagi sampai racun dicampurkan dengan kopi, itu bahaya! Bisa-bisa Anda masuk siaran langsung televisi berkali-kali…he…he…

Anda bisa menggunakan cara-cara alami untuk mengusir tikus dari rumah kontrakan!

1. Tutup kabel dengan isolatif

Coba Anda perhatikan, tikus bisa masuk ke dalam rumah biasanya melalui kabel, karena bagi tikus, kabel adalah jalan tol tercepat dan teraman.

Mereka akan turun ketika malam telah tiba. Disaat kesunyian datang karena penghuni rumah sedang terlelap. Disaat itulah mereka akan melancarkan serangan tanpa belas kasihan.

Kabel listrik yang dibiarkan tergantung antara plafon sampai saklar akan mereka turuni. Kemudian mereka akan menyasar makanan-makanan yang Anda biarkan terbuka di dalam rumah.

Coba Anda tutup kabel yang menempel di dinding dengan bantuan isolatif (solasi). Karena isolatif  bisa membuat tikus terpeleset ke bawah, sehingga rasa sakitnya cukup membuat trauma.

Lebih parah lagi, tikus tidak akan bisa naik lagi ke atas, karena jalannya sudah Anda tutup. Jangan lupa setelah turun ke bawah, pintu rumah Anda buka, biarkan tikus keluar dengan sendirinya lewat pintu.

Biasanya malam berikutnya tikus akan mencoba turun lagi, dan jatuh lagi. Namun setelah tiga atau empat hari, pasti tikus tidak akan berani lagi. Karena sifat licin isolatif akan membuat tikus kapok. Silahkan dicoba!

2. Taruh sampah di luar rumah

Anda malas menaruh tempat sampah diluar rumah, bisa jadi ini salah satu penyebab tikus mendatangi rumah Anda. Aroma sampah akan menarik tikus untuk berupaya masuk kedalam rumah dengan sekuat tenaga.

Yang Anda butuhkan hanya menaruh tempat sampah berada di luar rumah, di belakang dapur atau di depan rumah. Lebih efektif jika Anda bisa membuang sampah rumah tangga setiap pagi dan sore di tempat pembuangan sampah yang jauh dari area rumah Anda.

Anda cukup mengumpulkannya ke dalam kresek besar. Angkut pakai motor dan pergi ke TPA. Jangan sekali-kali membuangnya ke sungai, karena bisa mengganggu kebersihan lingkungan, dan bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan.

3. Tutup makanan Anda

Ini yang penting! Tutup makanan Anda. Sering kali makanan dibiarkan terbuka ketika malam hari. Ini bisa mengundang tikus masuk ke dalam rumah Anda.

Pastikan Anda selalu menutup makanan seusai menikmatinya, atau Anda bisa memasukkan beberapa makanan Anda ke dalam kulkas, jangan membiasakan menaruh di meja dengan posisi masih terbuka.

Anda bisa mencari penutup makanan yang terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh dan kuat. Jangan yang berbahan pastik, karena tikus masih bisa menyelinap masuk ke dalam.

4. Cuci bersih alat dapur

Malas mencuci alat-alat dapur setelah Anda gunakan bisa membuat tikus masuk ke dalam rumah. Kotoran sisa-sisa makanan yang menempel pada piring, panci dan wajan bisa saja dijilati tikus yang benar-benar menginginkan sensasi menu makanan yang berbeda.

Penghuni rumah biasanya malas membersihkan alat-alat dapur ketika malam hari usai makan malam. Apalagi setelah mereka menonton bola malam hari, pasti piring-piring dibiarkan berserakan.

Biasakan selalu mencuci piring dan gelas setelah Anda gunakan. Jika tidak sempat, Anda bisa membersihkan sisa makanan tersebut dengan cara mengumpulkannya jadi satu, kemudian menaruhnya di tempat sampah yang berada di luar rumah.

Namun, jangan lupa kasih air pada piring atau gelas yang belum sempat Anda cuci, karena air yang menggenang diatas piring bisa membuat aman untuk sementara waktu, dan ketika esok pagi langsung Anda bersihkan.

5. Doa-doa untuk mengusir tikus

Setelah Anda melakukan beberapa hal di atas, namun masih saja belum yakin tikus akan menjauhi rumah Anda. Coba lakukan doa-doa sesuai dengan kepercayaan Anda agar tikus tidak bisa lagi mengganggu kehidupan Anda yang tentram damai sentosa.

Ada beberapa kalangan di masyarakat yang melakukan ritual agar tikus pergi, seperti dengan menaruh kupat putih dan kupat merah sambil berputar mengelilingi rumah dan berdoa menurut keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

Kupat putih berisi beras yang ditaruh di depan rumah, dan kupat merah berisi gula merah yang ditaruh di belakang rumah. Anda bisa mencobanya dan harus yakin, Semoga berhasil!

Cukup mudah bukan mengatasi tikus di rumah kontrakan Anda. Namun, cara-cara tersebut kurang tepat digunakan untuk mengusir tikus-tikus kantor, itu extra ordinary crime, perlu keahlian dan penanganan khusus, serahkan saja tikus kantor ke KPK.

Recommended For You

Tulis Komentar