Alat-alat Pertanian yang Sering Dipakai Masyarakat Indonesia

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Petani adalah mayoritas penduduk Indonesia, keberadaannya menyebar di seluruh wilayah negeri ini, keberadaan petani di Indonesia amatlah menopang kehidupan hampir di semua sektor.

Meskipun dalam perputaran ekonomi mereka berada diarus paling bawah namun keberadaannya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam perputaran ekonomi regional maupun global, dalam hal perputaran ekonomi usaha mikro seperti pertokoan, baik pertokoan material, busana maupun pernak-pernik lainnya, petani yang mayoritas penduduk Indonesia mempunyai peranan penting, tidak terkecuali soal serapan perdagangan konsumsi harian (sembako) yang berada dipasar tradisional, pelaku usaha ini hampir bergantung pada daya konsumsi para petani.

Begitulah secuil peran penting petani dinegeri ini, meskipun peran pentingnya itu belum tentu diperioritaskan dalam keperpihakan kebijakan negara untuk mereka.

Baca Juga:   WEBINAR: Suka Duka Pendidik di Masa Pandemi Covid-19

Mengulas peran pentingnya petani di negeri ini, dibandingkan dengan keluh kesah para petani bagaikan membahas buku yang hanya ada sampul depan serta halamannya tanpa ada daftar isi yang jelas serta akan dibawa kemana alur goresan tinta tersebut, untuk mempermudah cerita terkait petani dan mungkin kita semua sepaham adalah mari kita bicara, apa saja sih peralatan petani yang paling sering digunakan?

Nah, bercerita apa saja alat yang sering dipakai para petani semoga bisa menyederhanakan pembahasan tentang peliknya pertanian di abad ini.

Inilah beberapa peralatan petani yang hampir setiap hari digunakan :

1. Alat Pemotong dan Memelihara Tanaman

Benda-benda tajam seperti sabit, golok dan sejenisnya yang masing-masing daerah mempunyai nama bermacam-macam, yang secara kegunaan untuk memotong atau memelihara tanaman sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani, meskipun dalam hal petani padi dalam proses panen padi sudah mulai menggunakan mesin pemotong padi, namun perlengkapan/benda-benda tajam seperti diatas masih sangat membantu petani.

Baca Juga:   10 Kata-kata Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2021 untuk Sahabat dan Kerabat

2. Alat Pengolah Lahan

Cangkul atau sejenisnya merupakan bagian yang hampir tak terpisahkan bagi petani, ibarat anak sekolah cangkul atau sejenisnya merupakan polpen yang wajib ada bagi anak sekolah.

Dijaman yang sudah maju seperti sekarang, alat/mesin pengolah tanah sudahlah banyak namun alat-alat pertanian seperti cangkul atau sejenisnya masih selalu ada dan dimiliki oleh petani.

3. Alat Penyemprot Tanaman

Pertanian yang sudah ada sejak dahulu kala, dalam implementasinya selalu menjumpai kendala seperti hama maupun gulma, dalam menyelesaikan problem tersebut tidak jarang petani lebih mengandalkan pestisida maupun herbisida, untuk menerapkan hal tersebut petani mayoritas menggunakan alat penyemprot, agar lebih efisien dan cepat.

Baca Juga:   Asyiknya Beradu Layang-layang dan Tips untuk Menang

Dirumah-rumah petani hampir selalu ditemui alat ini, bisa jadi lebih dari satu, hal ini mungkin karena pentingnya alat penyemprot tersebut.

Itulah peralatan petani yang sepertinya harus dimiliki bagi mereka yang berprofesi sebagai petani, semoga petani di negeri ini mendapatkan prioritas dalam arah kebijakan negeri ini, jika diurus dengan baik petani bisa menjadi penopang utama negeri ini, negeri ini bisa menjadi pengekspor terbesar bahan makanan dunia. (Mubin)


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar