INILAH BAHAYA KEBIASAAN TIDUR DI PAGI HARI

Reading Time: 3 minutes

Inilah Bahaya Kebiasaan Tidur di Pagi Hari  – Tidur di pagi hari selain tidak pantas menurut kepercayaan orang terdahulu, ternyata juga tidak baik untuk kesehatan tubuh menurut sisi medisnya.

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan tidur di pagi hari, cobalah untuk menghentikan kebiasaan Anda yang satu ini. Karena tidur di pagi hari lebih banyak menimbulkan efek negatif dibandingkan efek positif. Yang tentu jika dijadikan kebiasaan justru akan membahayakan kesehatan Anda.

Mendapatkan tidur yang berkualitas akan membuat kesehatan mental, fisik, dan kualitas hidup kita lebih meningkat. Sebaliknya, jika durasi tidur kurang ditambah dengan kualitas tidur yang buruk, maka ini akan membuat kita rentan terkena berbagai penyakit.

Akibat Kebiasaan Tidur di Pagi Hari

Berikut beberapa penyakit membahayakan akibat kebiasaan tidur di pagi hari :

Gangguan Metabolisme Tubuh

Bahaya tidur di pagi hari yang pertama ialah dapat menimbulkan permasalahan pada sistem metabolisme. Sehingga tubuh yang telah mempunyai waktu dan sistem kerja yang telah teratur, akan menjadi terganggu. Ini artinya badan menyesuaikan sistem metabolisme dengan waktu beristirahat Anda sendiri.

Ketika Anda terlalu banyak tidur ataupun tidur di pagi hari, sistem metabolisme menjadi kacau. Badan akan lebih lama dalam memproses metabolisme yang seharusnya. Sehingga mau tidak mau Anda akan merasakan efek lapar jauh lebih lama, dengan begitu, kecepatan proses metabolisme pun terganggu.

Diabetes

Selain terganggunya sistem metabolisme, kebiasaan tidur di pagi hari juga bisa mengundang resiko penyakit diabetes. Hal ini terjadi karena adanya gangguan metabolisme yang membuat tubuh kesulitan mengendalikan kadar gula darah tubuh.

Sebaliknya, penderita diabetes ternyata juga cenderung lebih mudah tidur di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh rendahnya produksi insulin yang membuat tubuh tak mampu mengubah glukosa atau gula darah menjadi energi. Tubuh yang tidak memiliki energi tentu akan mudah lesu dan mengantuk, meski masih di pagi hari.

Tak hanya itu, orang yang tidurnya bermasalah berpotensi bertambah nafsu makan yang juga meningkatkan risiko diabetes. Tentunya, selain risiko diabetes, terlalu banyak makan juga dapat membuat berat badan jadi bertambah.

Obesitas

Sama seperti sebelumnya, waktu tidur yang bermasalah dapat membuat berat badan meningkat. Hal ini disebabkan karena orang yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang lebih banyak, sehingga mereka cenderung makan lebih banyak. Makan yang terlalu banyak dapat membuat seseorang menjadi obesitas dan tidak sehat.

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Penyakit berbahaya lainnya yang bisa Anda alami apabila sering tidur di pagi hari dan tidak cukup tidur adalah penyakit jantung. Orang yang kurang tidur dan tidur di pagi hari cenderung berisiko tinggi mendapatkan penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung atau strok.

Hal ini terjadi karena kurangnya waktu tidur yang dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat peradangan pada dalam tubuh. Tekanan darah yang tinggi dan peradangan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung pada tubuh.

Anemia

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan tidur di pagi hari bisa menyebabkan datangnya anemia. Hal ini tidak hanya menyebabkan tubuh menjadi lebih lesu, melainkan juga bisa mempengaruhi kondisi organ atau jaringan tubuh secara keseluruhan.

Sakit Kepala

Tidur terlalu lama, termasuk jika kita tidur kembali di pagi hari ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh adanya cairan bernama serebrospinal yang justru terus mengalir di otak akibat kita tidur terlalu lama. Hal inilah yang bisa menyebabkan datangnya sakit kepala yang memicu rasa tidak nyaman seharian.

Peningkatan risiko kanker

Orang yang sering tidur pagi karena harus bekerja shift atau menjalani aktivitas tertentu di malam hari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker. Hal ini didukung oleh beberapa studi yang menyebutkan bahwa sebagian pasien kanker memiliki kebiasaan sering begadang atau tidur kurang dari 7 jam.

Nah, itulah tadi beberapa pembahasan mengenai efek bahaya akibat memiki kebiasaan tidur di pagi hari. Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa, ternyata banyak sekali dampak buruk yang bisa terjadi bila kita mempunyai kebiasaan tidur di pagi hari. Sering tidur di pagi hari ternyata juga bisa memicu gangguan fungsi otak dan gangguan pencernaan.

Dengan begitu, sebisa mungkin marilah kita menjaga tubuh agar tetap sehat dan mencegah dari berbagai resiko penyakit berbahaya, salah satunya dengan menjalankan atau mengubah kebiasaan tidur kita dengan pola yang baik dan benar. Semoga bermanfaat! (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar