APA SAJA MANFAAT ALGA MERAH BAGI KEHIDUPAN MANUSIA?

Reading Time: 2 minutes

Apa Saja Manfaat Alga Merah bagi Kehidupan Manusia – Alga merupakan organisme penting penyusun terumbu karang. Terumbu ini penting dalam ekosistem sebagai habitat ikan dan makhluk laut lainnya. alga masih dianggap kurang memiliki nilai ekonomis penting dibanding dengan fungi dan bakteri.

Oleh karena itu, saat ini para fikolog di berbagai belahan dunia dalam melakukan penelitian tidak lagi hanya terfokus pada masalah morfologi, fitologi, fisiologi dan hal-hal lainnya tentang algae secara terperinci, tetapi juga mulai melakukan penelitian secara berkelanjutan tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan pemanfaatan algae.

Dalam bioteknologi alga menjadi inovasi pembuatan agar-agar. Agar-agar merupakan makanan semacam jelly.

Agar-agar yang berasal dari alga memiliki kandungan zat gizi yang berupa kalsium, zat besi, dan serat. Makanan ini sangat bermanfaat sebagai obat pencuci perut dan penekan nafsu makan.

Kelebihan lain dari bahan makanan ini adalah tidak menimbulkan kegemukan karena tidak mengandung gula, lemak, dan karbohidrat.

Agar-agar ini bisa digunakan sebagai pengganti gelatin, pengental sup, pelengkap pada manisan, es buah, es krim, dan makanan penutup lainnya.

Dari sekian banyak jenis alga untuk agar-agar adalah Rhodophyta atau alga merah. Rhodophyta ini memiliki warna merah yang disebabkan oleh pigmen fikoeritrin dalam jumlah banyak dibandingkan dengan pigmen pigmen lainnya seperti klorofil a, klorofild, karoten, dan xantofil. Panjangnya bisa mencapai 10 centimeter sampai 1 meter.

Pada umumnya alga merah berbentuk seperti lembaran. Alga merah ini dapat tumbuh di laut tropika, air tawar yang dingin dengan aliran deras dan banyak mengandung oksigen, serta air payau.

Agar-agar dari alga merah merupakan suatu asam sulfurik, ester dari galaktan linear yang dapat diekstraksi dari beberapa jenis algae merah.

Secara umum, agar-agar digunakan sebagai media budidaya di laboratorium untuk membudidayakan fungi, bakteri dan beberapa jenis algae, sebab mengandung galaktosa dan sulfat.

Rhodophyta (alga merah) digunakan sebagai alga untuk agar-agar karena memiliki kandungan serat lunak yang baik bagi kesehatan usus.

Agar-agar dari alga atau diperoleh dengan cara mengekstrak alga sehingga diperoleh bubuk agar-agar. Bukan tidak mungkin jika alga merah yang biasa kita temui dapat menjadi ladang usaha bagi kita. (Wardah)

Recommended For You

Tulis Komentar