Asyiknya Beradu Layang-layang dan Tips untuk Menang

Reading Time: 2 minutes

Bermain atau memainkan layang-layang merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan dan perlu Anda coba. Bagi yang belum pernah menerbangkannya, dijamin akan ketagihan.

Biasanya musim kemarau seperti sekarang ini banyak orang bermain-layang-layang. Ada yang sekadar menerbangkan untuk keindahan, ada juga yang menerbangkan untuk diadu dengan layangan lainnya.

Layang-layang untuk keindahan dibuat dengan model yang unik dan menarik. Bisa dikatakan layang-layang ini adalah layangan hias.

Layangan hias sangat cocok untuk warga perkotaan, hal ini disebabkan oleh :

  1. Lokasi diperkotaan sangat sulit mencari tempat yang luas, padatnya gedung-gedung, perumahan dan perkatoran diperkotaan membuat lahan kosong hampir tidak tersisa.
  2. Banyaknya kabel terpasang, diperkotaan kabel-kabel listrik, jaringan telepon dan sejenisnya sangatlah mengganggu untuk bermain layangan.

Karena beberapa faktor tersebut tidak jarang di beberapa perkotaan melarang warganya untuk menerbangkan layang–layang. Tapi ada beberapa yang masih aman, dan biasanya mereka menggunakan jenis layangan yang berukuran kecil dan sederhana.

Harga layangan kecil ini relatif murah, berkisar 2000 rupiah. Anda bisa memainkan di lantai paling atas rumah yang biasanya untuk menjemur pakaian, atau di ruang bebas seperti lapangan.

Tips Beradu Layang-Layang

Hal–hal yang perlu diperhatikan untuk Anda yang suka beradu layang–layang, antara lain :

  1. Siapkan layang–layang dengan struk bahan yang kuat, namun masih bisa terbang. Layang–layang yang kuat dapat menarik benang dengan kuat, sehingga kita bisa menarik atau mengulurkan benang dengan mudah.
  2. Mengetahui arah dan kecepatan angin. Hal ini memungkinkan Anda untuk bermanuver menyangkut lawan.
  3. Siapkan benang khusus untuk beradu. Benang untuk beradu tentu berbeda dengan benang untuk bermain layang–layang biasa, benang untuk beradu layang–layang sering disebut benang gelasan.
  4. Gunakan sarung tangan, ketika menggunakan benang galasan atau benang khusus beradu layang–layang sebaiknya menggunakan sarung tangan agan tangan Anda tidak luka karena benang tersebut.
  5. Teknik ulur atapun tarik memang perlu diketahui, namun bagi yang sudah profesional memainkan layang–layang biasanya tidak perlu lama untuk mengalahkan lawannya.

Semoga keseruan bermain layang–layang dapat digunakan dengan bijak sehingga tidak merugikan orang lain, di pedesaan misalnya dengan tidak merusak tanaman milik orang lain. (Mubin)

Recommended For You

Tulis Komentar