BENARKAH KACANG DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT?

Reading Time: 2 minutes

Benarkah Kacang dapat Menyebabkan Jerawat? – Pada dasarnya, jerawat pada wajah timbul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati, kotoran dan sebum, yaitu zat yang dihasilkan kelenjar minyak yang berfungsi melembapkan kulit.

Jerawat juga bisa dipengaruhi kondisi hormon androgen. Hormon ini akan mulai aktif pada saat remaja.

Pada wanita misalnya, jerawat paling banyak muncul menjelang menstruasi dan saat hamil, karena pada masa-masa itulah terjadi perubahan hormon dalam tubuh wanita.

Selain itu, bisa juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Mitos atau fakta, kalau makan kacang itu bisa bikin jerawatan!

Banyak wanita yang mengkhawatirkan kulitnya setelah makan kacang akan muncul satu atau dua jerawat yang bersarang di wajah. Mengutip dari laman Thrivenaija, salah satu sumber protein terbesar ada di dalam kacang tanah. Kacang tanah mengandung sekitar 26 nutrisi meliputi niancin, asam folat, thiamin, riboflavin, choline, fosfor, seng, mangan, dan sebagainya.

Selain itu, selai kacang juga mengandung antioksidan yang disebut kumarin, di mana secara teorinya baik untuk jerawat. Antioksidan tersebut secara umum melindungi kulit dari oksidatif yang merupakan pemicu terbesar timbulnya jerawat.

Kacang mengandung lemak yang tinggi, namun tidak cukup banyak sampai membuat penumpukan dan penyumbatan lemak pada pori-pori kulit sehingga menyebabkan jerawat.

Penyebab jerawat sebenarnya bukan konsumsi kacang, melainkan karena adanya alergi terhadap kacang atau cara mengolahnya yang kurang tepat.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology dan The Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa kacang tidak menimbulkan jerawat.

Kacang tidak akan menjadi penyebab timbulnya jerawat kalau diolah secara benar. Menggoreng kacang dapat menyebabkan lemak jenuh di dalamnya justru menjadi tinggi.

Hal itu yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. jika ingin makan kacang, sebaiknya mengonsumsi kacang yang dipanggang. Hindari makan kacang yang digoreng karena mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi.

Selain itu, kamu juga perlu membatasi mengonsumsi makanan manis dan berkadar gula tinggi, karena konsumsi gula terlalu banyak akan meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah dan memicu produksi hormon androgen yang menjadi penyebab jerawat. (Wardah)

Recommended For You

Tulis Komentar