CARA MEMURNIKAN MINYAK GORENG DENGAN AMPAS TEBU

Reading Time: 2 minutes

Cara Memurnikan Minyak Goreng dengan Ampas Tebu – Minyak goreng merupakan kebutuhan pokok yang umumnya digunakan untuk memasak baik skala rumah tangga maupun skala industri.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi produk minyak goreng banyak bermunculan baik yang berasal dari kelapa, biji-bijian, maupun tumbuhan. Meski begitu seringkali masyarakat menggunakan minyak goreng tidak hanya sekali pakai namun berkali-kali.

Bahkan hingga terjadi perubahan warna menjadi kecoklatan atau kehitaman dan timbul bau tengik. Pemakaian minyak goreng berkali-kali merupakan perlakuan yang tidak sehat karena dapat menimbulkan penyakit dan dapat mencemari lingkungan. 

Dewasa ini telah ditemukan suatu teknologi daur ulang mengolah minyak jelantah menjadi minyak layak pakai kembali dalam keadaan bersih tanpa kotoran, dengan menggunakan ampas tebu sebagai bahan penyerap.

Bahan penyerap tebu yang sudah dijadikan partikel bisa langsung digunakan dengan mudah oleh ibu-ibu rumah tangga untuk memproses minyak jelantah menjadi minyak layak pakai.

Pemanfaatan ampas tebu ini juga salah satu upaya untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan karena Ampas tebu merupakan limbah yang sering kita jumpai di sekitar kita terutama jika rumahnya dekat dengan pabrik gula, banyak sekali limbah yang dihasilkan.

Ampas tebu sering kali hanya digunakan untuk bahan bakar memasak oleh ibu rumah tangga. Padahal ampas tebu dapat dialih fungsikan menjadi barang yang bermanfaat.

Penelitian Ramdja, Dkk (2010) menyimpulkan bahwa kondisi optimum yang diperoleh berada pada intensitas penggorengan selama 4 jam dengan penurunan kadar air mencapai 0,0050%; perendaman ampas tebu selama 2×24 jam dengan adsorpsi kadar asam lemak bebas hingga mencapai 0,0999%; serta ukuran partikel ampas tebu sebesar 150 µm yang menurunkan angka penyabunan dengan titik terendah mencapai 161,5042.

Langkah-langkah Memurnikan Minyak Goreng dengan Ampas Tebu

Adapun langkah-langkah memurnikan minyak goreng dengan ampas tebu adalah sebagai berikut, dan Anda bisa dengan mudah menerapkannya sendiri di rumah :

  1. Ampas tebu digiling sehingga menjadi bubuk.
  2. Siapkan minyak goreng yang telah dipakai beberapa kali (jelantah) dan juga minyak   goreng yang bagus (baru). 
  3. Siapkan sebanyak 100 ml minyak jelantah.
  4. Kemudian masukkan bubuk ampas tebu ke dalam masing-masing minyak tersebut.
  5. Rendam minyak dan ampas tebu tersebut hingga terjadi perubahan.
  6. Lalu, saring rendaman minyak dan bubuk ampas tebu.
  7. Bandingkan sebelum direndan dan sesudah direndam.

Demikian langkah-langkah memurnikan minyak goreng dengan ampas tebu. Semoga bermanfaat. (Wardah)

Recommended For You

Tulis Komentar