Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Share artikel ini

Reading Time: < 1 minute

Puasa di bulan suci Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Tidak hanya itu, dalam kajian sains ternyata ditemukan banyak manfaat yang bisa didapatkan sesorang saat menjalankan ibadah puasa.

Adapun beberapa manfaat puasa bagi kesehatan menurut sains, antara lain:

1. Puasa dapat menyehatkan jantung

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa puasa dapat menyehatkan jantung, seperti meningkatkan kinerja otot jantung, meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung, hingga menurunkan risiko penyakit yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Selain itu, ada juga penelitian yang menemukan bahwa puasa dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida jahat sebesar 25 persen dan 32 persen.

Baca Juga:   ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DI TPQ MIFTAHUL HUDA | MILA RAHMAWATI, LUSIANA SAJIDAH, GITA OKVI WAHYUDIA WATI

2. Puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Puasa membuat penyimpanan glukosa dalam tubuh akan berkurang, sehingga proses ketosis dimulai. Proses inilah yang membuat metabolisme tubuh meningkat, sehingga tubuh menggunakan lemak yang ada untuk digunakan sebagai sumber energi.

Hal itulah yang kemudian membuat lemak akan turun secara signifikan, sehingga berat badan akan menjadi turun.

3. Menjaga kulit tetap sehat

Ketika menjalankan ibadah puasa, sel kulit Anda yang telah mati akan mengalami peremajaan kembali. Hal ini disebabkan karena meningkatnya metabolisme, sehingga sel dalam tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, termasuk sel yang ada pada kulit.

Selain tiga manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya, seperti dapat mencegah gangguan sel saraf, mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain.

Baca Juga:   Metode Tahfidz Al-Qur’an, Apa Saja!

Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar