Cara Mengatasi Komputer yang Tiba-tiba Mati

Reading Time: < 1 minute

Saat serius menulis atau mengerjakan sesuatu, tiba-tiba komputer mati. Hal ini biasa terjadi pada pengguna PC, sehingga Anda tidak perlu panik.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya antara lain adalah :

1. Cek Power Supply

Coba buka PC Anda, perhatikan bagian power supply. Cek apakah dayanya apakah sesuai dengan komputer.

Karena beberapa masalah terjadi karena daya tidak sesuai atau kurang, sehingga komputer bisa mati dengan tiba-tiba.

Anda bisa membeli PSU yang berkualitas sesuai dengan spek komputer. lalu pasang kembali, dan dijamin komputer Anda akan normal kembali.

2. Periksa RAM

Komputer mati sendiri juga bisa disebabkan oleh RAM. Untuk ini Anda bisa cek dengan cara membersihkan bagian kuningnya, lalu coba pasang kembali.

3. periksa VGA

VGA juga bisa menyebabkan komputer mati sendiri. Hal ini bisa terjadi karena Anda sedang menjalankan program yang berat dan tidak sesuai dengan kemampuan komputer.

Biasanya hal ini kerap terjadi pada gamers. Karena itu, Anda bisa cek VGA apakah kondisinya norma atau tidak untuk digunakan program yang berat seperti game dan lain-lain.

4. Scan Anti Virus

Beberapa virus akan berjalan dalam jumlah yang sangat banyak (Malware dan sejenisnya). Hal ini juga bisa membuat komputer mati sendiri.

Karena itu, jalan satu-satunya Anda harus scan anti virus agar virus tersebut hilang dari komputer Anda.

Selain empat di atas, Anda juga bisa mencoba cara mudah dengan membersihkan bagian dalam komputer secara keseluruhan dari debu yang menempel. Caranya, buka bagian-bagian komputer, bersihkan, lalu pasang kembali.

Jika Anda masih ragu dan kesulitan mengatasinya. Anda bisa menyerahkan langsung kepada ahlinya. (Mecca)

Recommended For You

Tulis Komentar