Cara Merawat Karpet Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Cara merawat karpet mobil bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Tapi jangan lupa perhatikan jenis bahannya agar karpet tetap awet dan tahan lama, sehingga kamu tidak perlu mengganti ulang atau membeli karpet mobil yang baru.

Nah, sebelum membahas cara tentang perawatan karpet mobil, simak dulu yuk jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan karpet mobil berikut ini.

Jenis Bahan Karpet Mobil

Ada dua jenis bahan yang umumnya dipakai untuk pembuatan karpet mobil, yakni karet asli dan karet sintetis. Karet asli cirinya lebih awet, tapi harganya lebih mahal. Sedangkan karet sintetis sebaliknya harganya lebih murah, namun modelnya banyak dan bentuknya menarik.

Baca Juga:   7 Jenis Air Putih, Terlihat Serupa Tapi Tidak Sama

Selain bahan karet, ada pula bahan PVC yang kuat dan tidak menimbulkan bau yang menyengat. Bahan PVC juga memiliki banyak pilihan model serta keren-keren bentuknya.

Selanjutnya ada bahan kain yang lebih aman dan bisa membuat interior mobil Anda terlihat lebih estetik dan menarik. Untuk jenis bahan kain ini biasanya digabungkan dengan jenis bahan karet sintetis agar lebih awet dan tahan lama.

Cara Merawat Karpet Mobil

Ketika Anda sudah membeli karpet mobil, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya. Berikut ini beberapa tips cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat karpet mobil.

Cara pertama, pastikan Anda membersihkan karpet mobil secara rutin. Bisa menggunakan alat penyedot debu. Kemudian untuk noda membandel, Anda bisa mencuci karpet dengan cara berikut ini:

  • Keluarkan karpet terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Hindari membersihkanya langsung di dalam mobil Anda, karena noda atau kotoran bisa menyebar ke tempat lain sehingga akan lebih sulit membersihkanya.
  • Selanjutnya semprot karpet dengan air agar noda keras mudah dibersihkan. Lalu gunakan detergen atau shampo mobil dan mengoleskannya secara merata.
  • Kemudian gosok dengan sikat terutama pada bagian noda yang membandel secara berulang-ulang hingga bersih.
  • Terakhir, bilas karpet dengan air bersih lalu keringkan.
  • Jangan lupa cuci karpet secara berkala. Paling tidak selama satu bulan sekali.
Baca Juga:   Cara Merawat Sandal Gunung Agar Lebih Awet dan Tetap Nyaman Dipakai

Itulah cara membersihkan dan merawat karpet mobil. Selamat mencoba dan semoga kinclong selalu.


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar