Cara Merawat Rautan Pensil Untuk Anak-anak Agar Awet Dan Tahan Lama

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Cara merawat rautan pensil untuk anak-anak ternyata mudah kok. Apalagi kini sudah banyak jenis produk rautan pensil yang dengan mudah bisa kamu beli dengan harga murah dan terjangkau, baik di marketplace online maupun toko terdekat.

Rautan pensil adalah alat sederhana untuk membuat runcing atau tajam ujung pensil dengan cara mencukur kayu pada bagian sekitarnya. Terdapat dua jenis rautan, yaitu rautan menggunakan listrik dan rautan yang pengoperasiannya menggunakan tangan.

Rautan pensil listrik memiliki motor yang bisa menggerakkan pisau dengan cara berputar untuk menghaluskan ujung pensil secara otomatis. Penggunaan rautan ini lebih mudah dan lebih cepat dengan hasil rautan yang bisa Anda atur sesuai dengan tingkat keruncingan yang Anda inginkan.

Baca Juga:   PROKLAMASI DAN LITERASI, AL MUIZ LIDDINILLAH | BERITABARUCO

Sedangkan rautan manual masih menggunakan bantuan tangan untuk membuat pensil menjadi lebih runcing. Ada dua jenis rautan manual, pertama rautan yang menggunakan tuas putar untuk mengoperasikannya, dan kedua rautan yang menggunakan benda tajam seperti pisau untuk mencukur bagian ujung pensil.

Untuk anak-anak sebaiknya pilih rautan pensil jenis manual yang memiliki tuas putar. Selain lebih aman, biasanya sudah lengkap dengan kotak penyimpanan sampah, dan harganya pun lebih terjangkau daripada rautan listrik.

Cara Merawat Rautan Pensil untuk Anak-anak

Meskipun rautan pensil untuk anak-anak ini sering dipakai dan rentan rusak karena buat mainan. Tapi jangan khawatir, ikuti saja langkah-langkah tips agar rautan lebih awet dan tahan lama berikut ini:

  1. Buang sampah hasil rautan pensil secara rutin, pastikan membuangnya setelah Anda selesai menyerut pensil, terutama untuk rautan yang di dalamnya terdapat tempat penyimpanan kotak sampah.
  2. Lap dan bersihkan rautan, sehingga debu dan kotoran yang menempel bisa hilang.
  3. Berikan minyak pelumas pada tuas rautan, agar rotasi putaran lancar kembali.
  4. Jika pisau terbuat dari bahan yang mudah berkarat seperti besi, maka pastikan membersihkan secara rutin dan hindarkan dari tumpahan air, serta berikan minyak agar rautan tidak berkarat.
  5. Simpan rautan di tempat yang terhindar dari debu atau pun kelembaban. Anda bisa menyimpannya di kotak rautan agar lebih awet dan tahan lama.
Baca Juga:   BENARKAH KACANG DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT?

Itulah cara merawat rautan pensil agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar