Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru untuk Individu dan Kelompok

Share artikel ini

Reading Time: 4 minutes

Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru untuk Individu dan Kelompok. Membuat kata pengantar yang baik dan benar bukanlah hal yang mudah bagi semua orang. Perlu hal baru dan ketelitian, sulitkah? Tentu tidak. Mulai saja mengerjakan proposal, laporan, esai, atau karya tulis lainnya.

Tapi biasanya kendala datang, misal sudah setengah jam tidak mendapatkan apa-apa, atau blenk mendadak. Seperti mati suri, pernahkah mengalaminya?

Seperti diketahui, kata pengantar sangat banyak, misal kata pengantar makalah, kata pengantar jurnal, kata pengantar modul, kata pengantar portofolio, kata pengantar skripsi, kata pengantar tesis, kata pengantar disertasi, pengertian kata pengantar, kata pengantar paper, kata pengantar kkn, kata kata pengantar, dan buat kata pengantar yang baik dan benar.

Disini kamu akan mengetahui apa arti kata pengantar, katapengantar adalah, contoh kata pengantar terbaru, contoh kata pengantar singkat yang bagus, kata pngantar singkat, cara membuat kata pengantar, kata pengantar yang baik dan benar.

Definisi dan fungsi kata pengantar

Apa itu arti kata pengantar?

Kata pengantar makalah, laporan, atau proposal sebenarnya tidak jauh berbeda. Kamu Ingin tahu cara membuat kata pengantar untuk artikel yang berbeda? Simak Yuk!

Fungsi kata pengantar

Apa fungsi kata pengantar, kata pengantar bukan hanya berisi tentang ucapan rasa syukur dan terima kasih saja.

Namun, sebagai gambaran umum tentang karya, makalah, laporan, yang bertujuan dapat meningkatkan minat para pembaca.

Dengan demikian, kata pengantar yang baik harus menarik hati pembaca. Sekaligus bisa membuat untuk melihat-lihat isi karya tulis kamu secara utuh.

Seperti disebutkan di atas, kata pengantar merupkan kata ungkapan penulis dan berisi seluruh karya tertulis. Sebagai permulaan, pendahuluan juga membantu memandu pembaca untuk mendeskripsikan makalah lebih lanjut, selain dari kata pengantar.

Sebagai pengantar pembahasan yang lebih rinci, isi kata pengantar berupa ringkasan tertulis dari karya tersebut. Pengenalan esai, laporan, proposal, dan karya tulis lainnya harus membangkitkan minat pembaca sampai akhir.

Cara membuat kata pengantar individu dan kelompok

Untuak membuat kata pengantar, kamu harus tahu strukturnya terlebih dahulu. Kamu harus tahu untuk apa kata pengantar dibuat, apakah dalam pendahuluan esai, laporan, proposal, atau karya tulis lainnya.

Baca Juga:   Tumbuhan Lumut: Struktur dan Siklus Hidup Bryophyta

1. Pendahuluan

Pendahuluan dimulai pada paragraf pertama hingga kedua. Bagian pertama dari pendahulan ini berisi puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan artikel ini.

2. Isi utama

Pada bagian ini berisi judul makalah dengan ulasan singkat tentang isi makalah. Uraian singkat karya tulis dimaksudkan agar pembaca tertarik untuk melihat lebih lanjut.

Isi makalah usahakan jangan terlalu detail dan terlalu panjang, bisa-bisa pembaca akan kehilangan minat untuk melanjutkan membaca.

3. Penutup

Di akhir, gunakan kata permintaan maaf dan kesediaan penulis untuk menerima saran dan kritik yang membangun di masa depan.

Pada penutup ini, penulis dapat mengungkapkan harapannya atas karya yang sedang ia tulis saat ini atau yang akan datang.

Contoh kata pengantar terbaru

Tiga struktur di atas umumnya ditemui dalam makalah, proposal, laporan, esai, atau karya tulis lainnya.

Tentu saja, kamu dapat melakukan penyesuaian sendiri dengan apa yang akan Anda sebutkan di kata pengantar nanti. Simak beberapa contoh singkat untuk kata pengantar terbaru di beberapa karya tulis seperti makalah, skripsi dan lain-lain.

Contoh kata pengantar presentasi makalah

Kata pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas skripsi yang berjudul “Teknologi Komunikasi Manusia Prasejarah” tepat pada waktunya.

Skripsi ini disusun untuk menyelesaikan tugas mata kuliah sejarah. Selain itu, artikel ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang manusia prasejarah bagi pembaca dan penulis.

Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Nina karena telah menjadi guru sejarah. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan artikel ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat kurang sempurna. Oleh karena itu, saya berharap untuk memberikan saran dan kritik yang membangun demi perbaikan artikel ini.

Baca Juga:   Soal-soal SDLB Lengkap: Bahasa Indonesia Kelas 2-C

Jakarta, 15 November 2021

Penulis

Contoh laporan kata pengantar

Kata pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan yang berjudul “Menanam Tanaman Obat di Rumah” dengan tepat waktu.

Penulis menyadari bahwa laporan kegiatan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saya berharap penulis akan memberikan saran dan kritik yang membangun agar penulis menjadi lebih baik kedepannya.

Semoga laporan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Jakarta, 12 November 2021

Penulis

Contoh kata pengantar skripsi

Kata pengantar

Penulis mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mengandalkan rahmat dan karunia-Nya, penulis menyelesaikan skripsi yang berjudul “Analisis Kerentanan Banjir Sidoarjo Waru”.

Penyusunan dan penyerahan tesis ini untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Geografi (S.Geo) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Selain itu, penulisan artikel ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca.

Saya dapat menyelesaikan makalah ini karena penulis banyak mendapat bantuan dan dukungan. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak berikut:

1. (Bapak/Ibu) Dekan Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya mempromosikan izin penelitian. Dorongannya mendorong penulis untuk menyelesaikan makalah ini sesegera mungkin.

2. (Bapak/Ibu) Pembimbing Saya selalu memberikan bimbingan, waktu dan saran kepada penulis untuk menyelesaikan skripsi.

3. (Bapak/Ibu) Konsultan II, beliau juga memberikan perhatian dan waktu untuk membimbing penulis menyelesaikan makalah ini.

4. (Bapak/Ibu) penanggung jawab laboratorium geografi, beliau membantu penulis selama uji laboratorium.

5. Dan pihak-pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman, makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun akan diterima dengan senang hati. Penulis berharap semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Baca Juga:   Arti Simbol Lingkaran, Segitiga, dan Kotak dalam Permainan Squid Game

Jakarta, 17 November 2021

Penulis

Contoh kata pengantar proposal penelitian

Kata pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kehadirannya. Berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis menyusun proposal penelitian berjudul “Analisis Kerentanan Banjir Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana di Kabupaten Sidoarjo”.

Proposal penelitian ini diajukan untuk mengkinikan daerah rawan banjir di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Diharapkan dengan adanya update informasi ini menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir korban jiwa dan harta benda di bidang penelitian.

Penulis menyadari bahwa karena keterbatasan pengalaman dan pengetahuan penulis, penyusunan proposal ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik dari semua pihak sangat kami harapkan untuk penyempurnaan proposal di masa yang akan datang.

Jakarta, 18 November 2021

Penulis

Contoh kata pengantar karya ilmiah

Kata pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kehadirannya. Dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan”.

Penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Ibu Farida selaku guru kimia yang telah membantu penulis menyelesaikan karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah berkontribusi dalam karya ilmiah ini.

Karya ilmiah ini memberikan pedoman praktis untuk mengatur pola makan. Bagi orang yang kelebihan berat badan, diperlukan pengaturan pola makan yang tepat untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Penulis menyadari akan kekurangan dari karya ilmiah ini. Oleh karena itu, demi perbaikan karya penulis, saya selalu berharap mendapat saran dan kritik. Penulis juga berharap karya ilmiah ini dapat memberikan pengetahuan tentang pola makan yang sehat dan berat badan.

Jakarta, 15 November 2021

Penulis

Di atas adalah beberapa contoh perkenalan singkat dari kata pengantar, seperti dalam memperkenalkan esai pendek hingga memperkenalkan karya ilmiah.

Setelah kamu melihat contohnya. Kamu dapat mengembangkan pengenalan sesuai dengan kebutuhan dan tulisan Anda di masa depan. Semoga bermanfaat.


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar