Penemu Teleskop Pertama Kali, Ternyata Bukan Galileo

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Penemu teleskop adalah sesorang yang berasal dari negara Belanda. Ini tentu membantah pernyataan khalayak, ketika mereka sering mengatakan bahwa Galileo Galilei yang pertama kali menemukan teleskop.

Lantas siapakah penemu teleskop pertama kali? Kalo kamu membaca sejarah penemuan, pasti kaget mendengar jika bukan Galileo-lah sang penemunya. Meskipun dalam perkembangan sejarah teropong bintang ini ada sangkut pautnya dengan Galileo.

Seperti halnya penemu lampu, dimana dunia penemuan oleh para ahli ini selalu menarik untuk di bahas. Bahkan tidak hanya dalam sains saja, melainkan juga dalam dunia Islam di kaji tentang teleskop dan kegunaannya.

Nah, agar lebih jelas mengenai siapa penemu teleskop yang pertama kali. Yuk simak pembahasannya sebagai berikut.

Penemuan Teleskop Pertama

Penemu teleskop adalah Hans Lippershey. Ia menemukan partama kali teleskop pada tahun 1608. Lippershey sendiri adalah seorang yang berasal dari benua Eropa, tepatnya negara Belanda.

Sebagai seorang yang pertama kali membuat teleskop, Hans Lippershey awalnya menamakan temuannya dengan nama “kijker”. Arti kijker adalah alat untuk melihat.

Maksud dari alat melihat ini, karena temuannya bisa melihat objek dengan perbesaran hingga 3 (tiga) kali. Sehingga objek terlihat lebih jelas daripada menggunakan mata telanjang.

Galileo Galilei Adalah Penemu Teleskop

Saat itu Galileo mendengar ada penemuan di Belanda tentang alat yang bernama teleskop. Ia kemudian membuat alat serupa tanpa pernah melihat penemuan yang telah di buat Hans Lippershey.

Baca Juga:   5 Kecerdasan Gajah yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat

Hasil buatan Galileo Galilei ini ternyata secara kualitas jauh lebih bagus. Dalam arti lain, kemampuan melihat objek teleskop yang di buat oleh Galileo lebih dari 20 kali hasilnya.

Bahkan teleskop buatan Galileo mampu melihat permukaan bulan. Ini yang dikatakan banyak orang, bahwa pertama kali teleskop yang mengarah ke langit adalah teleskop Galileo.

Sekian informasi tentang penemuan teleskop pertama kali. Semoga memberikan pencerahan bagi masyarakat, khususnya sahabat-sahabat ngajigalileo.

Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan langsung tulis pesan dalam kolom komentar. Tapi ingat, selalu gunakan bahasa yang baik dan sopan ya… Terima kasih banyak


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar