Semut Terbesar yang Pernah Ditemukan di Dunia

Share artikel ini

Reading Time: < 1 minute

Semut merupakan salah satu satwa yang hidup di daratan. Memiliki ukuran kecil, umumnya 2-2,5 milimeter atau sekitar 0,08-1 inchi.

Semut disebut dengan serangga sosial karena kehidupannya yang sangat suka bergotong royong, hidup bersama-sama seperti halnya dalam bermasyarakat dan saling membantu satu sama lain.

Semut juga mempunyai sistem kasta, seperti halnya rayap dan lebah. Golongan semuat dibagi menjadi tiga, yaitu semut jantan, semut betina (ratu semut) dan semut pekerja.

Semut jantan dan semut betina pada umumnya adalah bersayap, sedangkan semut pekerja tidak bersayap.

Dalam klasifikasinya, semut termasuk kedalam famili Formicidae dengan ordo Hymenoptera. Sub ordonya adalah apocrita ditandai dengan menyatunya segmen pertama dari abdomen dengan segmen pada thoraks yang disebut dengan propodeum sehingga membentuk mesosoma.

Baca Juga:   WISATA KULINER: SEGO MENTRI KHAS DESA SEMBUNG

Ukuran semut terbesar di dunia

Adapun ukuran semut terbesar yang pernah ditemukan di dunia berasal dari genus Dinoponera, yakni semut Siafu semut yang berasal dari dataran Afrika.

Ratu semut Siafu ukurannya bisa mencapai 5 cm. Sedangkan, semut pejantannya punya sayap dengan ukuran tubuh sepanjang 3 cm.

Dalam perkembangbiakannya, semut ratu ini bisa menghasilkan 1-2 juta telur setiap bulannya.

Semut siafu ini tidak dapat melihat jelas, mereka mengandalkan sentuhan, bau dan zar kimia yang terdapat di perut untuk menemukan mangsa serta kembali ke rumah.

Menariknya lagi, semut ini dapat melakukan perjalanan hingga 20 meter per jam. Namun jangan khawatir, semut ini hanya ditemukan di sekitar hutan Afrika Barat dan Kongo. Tepatnya berdiam di padang savana dan hutan hujan.

Baca Juga:   7 Fakta Menarik tentang Kucing, Peliharaan Tertua

Selain semut siafu, ada jenis semut lain yang berukuran sangat besar, yakni semut banteng yang berada di Asutralia. Kemudian, ada juga semut peluru yang paling ganas dan menyeramkan.


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar