Sering Memakai Headset Ternyata Bisa Sebabkan Telinga Kotor

Reading Time: 3 minutes

Agar lebih semangat dalam belajar atau bekerja terkadang beberapa orang lebih suka melakukan kesibukan tersebut sambil memutar alunan musik dan  mendengarkannya melalui saluran headset atau earphone supaya tidak mengganggu orang di sekitar. Hal ini juga sering kita lakukan dalam kegiatan lain seperti saat kita sedang suntuk, berada di perjalanan, atau untuk menemani tidur.

Namun tahukah Anda, kebiasaan mendengarkan bunyi-bunyian keras melalui headset dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan telinga lebih cepat kotor. Itu sebabnya telinga jadi sering terasa gatal dan ketika kita bersihkan menggunakan cotton bud selalu mengeluarkan kotoran yang lebih banyak dan biasanya berwarna coklat kegelapan.

Penumpukan kotoran di telinga bisa terjadi terutama jika kita kerap menggunakan headset atau earphone yang tidak bersih. Tanpa Anda sadari, headset menjadi tempat berkembang biak bagi ratusan ribu bakteri. Saat memakai headset, bakteri yang menempel di sana dapat berpindah ke telinga dan menyebabkan infeksi.

Tidak hanya itu, kondisi telinga yang cenderung lembab akibat penggunaan earphone yang berlebihan juga bisa memudahkan mikroorganisme penyebab infeksi lebih mudah masuk ke dalam telinga dan memicu peningkatan produksi kotoran telinga. Peradangan pada telinga juga bisa menyebabkan produksi kotoran telinga meningkat dan telinga pun terasa nyeri.

Suara keras yang sering didengar secara berulang juga akan menyebabkan trauma akustik pada telinga. Kondisi ini dikenal dengan istilah noise-induce hearing loss (NIHL). Hal ini nantinya akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut di koklea telinga yang berfungsi sebagai reseptor suara. Sehingga hal ini memiliki potensi untuk menyebabkan gangguan pendengaran.

Untuk mencegahnya, Anda perlu mengetahui cara yang tepat dalam merawat dan menjaga kesehatan telinga apabila sering menggunakan headset. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam merawat telinga Anda, diantaranya :

1. Rajin bersihkan telinga

Penggunaan headset bisa bikin kotoran telinga menumpuk. Jika sudah demikian, risiko Anda untuk mengalami berbagai gangguan telinga akan semakin tinggi.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membersihkan telinga bagian luar dengan kapas atau cotton bud.

2. Bersihkan headset secara rutin

Headset yang Anda gunakan sehari-hari tentu saja juga perlu dibersihkan. Tujuannya adalah agar benda tersebut tidak menjadi tempat bagi bakteri untuk tumbuh, berkembang, dan merajalela menyebabkan infeksi.

Cara membersihkan headset tidaklah sulit. Cukup sediakan sikat gigi dan air yang sudah dicampur dengan sabun. Sikat bagian luar headset secara perlahan (tidak perlu sampai basah), dan seka menggunakan kapas hingga bersih dan kering.

Apabila menggunakan headset yang dilindungi dengan silikon, Anda perlu terlebih dahulu melepas bagian silikon yang menempel. Rendam silikon tersebut dalam air sabun selama beberapa menit. Bilas dan keringkan sampai menyeluruh.

3. Batasi volume headset

Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk menjaga telinga dan fungsi pendengaran tetap sehat adalah dengan membatasi volume suara saat menikmati lagu favorit dengan headset.

Hindari mendengarkan musik atau suara dari headset dengan volume di atas 60 persen. Semakin rendah volume yang digunakan, semakin terjaga pula kondisi kesehatan telinga Anda.

4. Jangan berlebihan menggunakan headset

Menggunakan headset terlalu lama dapat meningkatkan risiko infeksi telinga. Orang yang sering memakai headset kerap lupa membatasi penggunaannya, padahal ini merupakan cara merawat telinga yang tak kalah penting dari membersihkan telinga Anda.

5. Menjauhkan headset dari paparan kuman

Tanpa sadar, Anda mungkin pernah meminjamkan headset kepada orang lain atau meletakkan headset di sembarang tempat. Untuk merawat dan menjaga kesehatan telinga, Anda yang sering memakai headset harus menjauhi kebiasaan ini.

Kebiasaan ini dapat mempermudah perpindahan bakteri dari telinga orang lain, headset mereka, serta lingkungan sekitar ke telinga Anda. Sedapat mungkin, simpanlah headset Anda di tempat yang bersih dan jangan biarkan orang lain menggunakannya.

Jika digunakan dengan tepat, headset bisa menjadi alat yang dapat membantu menunjang aktivitas sehari-hari. Namun bila digunakan sembarangan dan berlebihan tanpa memperhatikan kesehatan telinga, maka fungsi pendengaran akan bisa terancam.

Untuk itu gunakanlah headset dengan bijak dengan melakukan tips di atas. Semoga bermanfaat! (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar