TIPS MENABUNG YANG HARUS ANDA KETAHUI

Reading Time: 2 minutes

Tips Menabung yang Harus Anda Ketahui – Jadikan menabung sebagai kebiasaan. Mengapa demikian?

Jika sesuatu sering dikerjakan maka akan menjadikan hal tersebut suatu kebiasaan, sehingga dalam melakukannya menimbulkan perasaan senang.

Seperti diketahui, bahwa tidak semua orang bisa memprediksi kebutuhannya di masa yang akan datang. Bahkan hari esok pun belum tentu seseorang dapat memperkirakan berapa pengeluaran yang akan dibutuhkan.

Oleh karena itu, pentingnya menabung bagi siapa pun, baik itu pelajar, mahasiswa, pendidik, karyawan hingga bos besar sekali pun. Berikut ini beberapa tips menabung yang bisa Anda lakukan, yaitu :

Menentukan nominal menabung perhari

Pertama-tama kita harus menentukan nominal, mengapa demikian? Karena nominal menabung merupakan hal yang paling dasar, karena dari situ anda dapat mengatur berapa pemasukan, pengeluaran dan berapa yang harus ditabung, saran saya 20% untuk ditabung.

Misalkan dalam sehari pemasukan anda 100 ribu maka yang harus anda tabung adalah 20 ribu/hari.

Bayangkan saja kalau sudah menjadi kebiasaan maka dalam sebulan anda bisa mengumpulkan uang sejumlah 600 ribu, kemudian setahun 7 juta 200 ribu. Indah bukan kalau kita bayangkan? jangan hanya membayangkan ayo menabung dari sekarang.

Menentukan tujuan menabung

Ketika seseorang menabung pasti memiliki tujuan, dalam arti akan ada yang dilakukan atau dibeli setelah uang yang ditabung memenuhi jumlah yang dibutuhkan. Ketika kita memiliki tujuan maka kita harus mengumpulkan niat yang kuat untuk mendapatkannya.

Disini saya memberikan contoh ketika menginginkan laptop baru seharga 4 juta kita harus mau mengumpulkan uang dengan jumlah tersebut. Agar kita dapat segera membeli laptop tersebut.

Begitu pun ketika kita menginginkan sesuatu maka kita harus menabung terlebih dahulu. Namun alangkah senangnya ketika kita sudah memiliki tabungan ingin membeli barang baru bisa langsung membeli dengan uang hasil menabung kita.

Membuka rekening tanpa fasilitas mobile banking ataupun ATM

Hal ini merupakan hal penting pula dalam proses menabung. Kenapa? Karena tabungan tanpa fasilitas mobile banking dan ATM meminimalisir belanja secara online, dan pengambilan uang terlalu sering.

Jadi ketika uang yang kita tabung dirumah sudah memenuhi kriteria untuk setor tunai ke bank lebih baik uang tersebut kita setorkan ke bank. Mengapa? Karena ketika uang masih kita simpan dirumah tidak kecil kemungkinan kita tetap menggunakan uang tersebut ketika membutuhkan sesuatu.

Menabung untuk keadaan darurat

Tanpa kita sadari dalam kehidupan selalu ada kejadian atau hal yang tidak kita rencanakan. Kejadian tersebut bisa saja membutuhkan uang dengan jumlah yang cukup banyak untuk mengatasinya. Maka ketika kita memiliki uang tabungan kita tidak perlu pusing untuk mendapatkan uang yang dapat digunakan untuk mengatasi kejadian tersebut.

Contohnya ketika sepeda motor kita mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan maka mau tidak mau kita harus segera memperbaiki, karena kita membutuhkan untuk transportasi sehari-hari.

Jika kita tidak memiliki uang tabungan maka kita pasti bingung  bagaimana cara mengatasinya. Begitu pula keadaan darurat lainnya pasti kita tidak akan bingung bagaimana cara mengatasi ketika memliki simpanan uang.

Menjadikan menabung sebagai hobi yang menguntungkan

Mengapa saya mengatakan sebagai hobi? Menurut saya ketika kita memiliki kebiasaan menabung hal ini sangat menyenangkan, karena setiap memiliki uang kita tidak tergiur  menggunakan uang untuk berbelanja justru uang itu kita masukkan kedalam tabungan.

Ketika kita memiliki simpanan uang kita juga bisa membantu keluarga teman atau siapa pun yang sedang membutuhkan.

Nah, beberapa tips di atas adalah hal dasar yang harus ditanamkan pada setiap individu yang ingin  memulai menabung. Semoga bermanfaat, semangat menabung! (Shofi)

Recommended For You

Tulis Komentar