Waspadai Penyakit-penyakit yang Sering Datang di Musim Hujan

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Saat musim hujan datang, penting bagi banyak orang untuk memperhatikan kesehatan. Salah satunya dengan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh.

Hal tersebut tidak lepas dari beberapa mikroba yang mudah berkembang biak dan terkadang membawa penyakit. Apalagi jika daerah yang ditempati rentan terhadap banjir.

Berikut ini beberapa penyakit yang sering hadir saat musim penghujan tiba, antara lain :

1. Penyakit flu

Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza. Gejalanya yaitu demam, nyeri tenggorokan, nyeri kepala, nyeri otot, beringus, batuk, mata merah dan berair, serta denyut nadi meningkat.

Jika terjadi penyakit flu berat tentu sangat berbahan, bisa menyebabkan seseorang meninggal karena gagal napas.

Baca Juga:   7 Fakta Menarik tentang Kucing, Peliharaan Tertua

Jadi waspadai penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini.

2. Demam berdarah

Demam berdarah terjadi karena virus dengue ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Gejala demam berdarah, antara lain demam tinggi, nyeri kepala, nyeri otot dan sendi, mual hingga muntah, serta ruam di kulit.

Untuk mencegah dan menghindarinya, Anda bisa menerapkan gerakan 4M plus. Secara prinsip adalah, pastikan selalu kebersihan rumah dan lingkungan tempat Anda tinggal.

3. Diare

Diare merupakan penyakit yang sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu (personal hygine).

Penyakit ini biasanya hadir berkaitan dengan masalah kebersihan, terlebih jika terjadi banjir. Di mana, pada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal akan ikut tercemar.

Baca Juga:   INILAH BAHAYA KEBIASAAN TIDUR DI PAGI HARI

Hal tersebut membuat ketersediaan air bersih menjadi terbatas dan potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

4. Malaria

Penyakit malaria ini disebabkan oleh nyamuk Anopheles betina. Nyamuk ini berkembang biak di genangan air. Jadi tidak heran jika malaria datang disaat musim penghujan tiba.

Gejala malaria yang paling terasa adalah seperti nyeri otot, demam, dan menggigil.

Agar tidak terkena gigitan penyakit ini, pastikan kebersihan lingkungan terjaga, usahakan menggunakan baju yang menutupi lengan dan kaki, gunakan losion anti-serangga, gunakan kelambu berinsektisida untuk tempat tidur, dan nyalakan pendingin ruangan terutama saat malam hari.

Selain penyakit-penyakit di atas, ada juga beberapa yang lain seperti kolera, demam tifoid atau tipes, ISPA, penyakit kulit, dan lain-lain.

Baca Juga:   Anjuran Rasulullah untuk Menanam Tanaman

Pastikan waspada selalu dan perkuat daya tahan tubuh Anda agar tidak terkena penyakit-penyakit tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Arthur


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar