5 Fakta Menarik dari Kisah Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Aplikasi Instagram diluncurkan pada 6 Oktober 2010. Awal mulanya pada tahun 2009, Kevin Systrom, yang seorang lulusan Universitas Stanford bekerja di Nextstop. Saat itu ia berusia berusia 27 tahun, dan Nextstop merupakan sebuah perusahaan rintisan rekomendasi perjalanan.

Systrom sendiri sebelumnya bekerja di Google (GOOG) sebagai rekanan pengembangan perusahaan dan magang di Odeo (perusahaan yang kemudian berkembang menjadi Twitter (TWTR).

Meskipun Systrom tidak memiliki pelatihan formal dalam ilmu komputer, ia belajar kode pada malam hari dan akhir pekan saat bekerja di Nextstop.

Kemudian, ia membangun prototipe aplikasi web bernama Burbn, yang terinspirasi oleh selera wiski dan bourbons yang enak. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk check-in, memposting rencana mereka, dan berbagi foto.

Baca Juga:   Gejala Batuk Berdarah yang Perlu Diwaspadai

Setelah itu Krieger bergabung, keduanya menilai kembali Burbn dan memutuskan untuk fokus pada satu hal: foto yang secara khusus diambil menggunakan perangkat seluler.

Mereka dengan cermat mempelajari aplikasi terkemuka dalam kategori fotografi pada saat itu.

Untuk Krieger dan Systrom, aplikasi Hipstamatic menonjol bagi mereka karena populer dan memiliki fitur menarik yang dapat Anda terapkan pada foto, seperti filter.

Namun, itu tidak memiliki kemampuan berbagi media sosial; Systrom dan Krieger melihat potensi dalam membangun aplikasi yang menjembatani Hipstamatic dan platform media sosial seperti Facebook.

Mereka mundur selangkah dan menelanjangi Burbn ke fungsi fotonya, berkomentar, dan “menyukai”.

Pada saat itulah mereka mengganti nama aplikasinya menjadi Instagram, menggabungkan kata instan dan telegram.

Baca Juga:   7 Fakta Menarik tentang Kucing, Peliharaan Tertua

Mereka juga mulai berfokus pada peningkatan pengalaman berbagi foto. Tujuan mereka untuk aplikasi ini adalah agar aplikasinya minimalis dan membutuhkan tindakan sesedikit mungkin dari pengguna.

Setelah delapan minggu menyempurnakan aplikasi, mereka memberikannya kepada teman untuk pengujian beta dan mengevaluasi kinerjanya.

Setelah menyelesaikan beberapa kesalahan dalam perangkat lunak, mereka membawanya ke peluncuran.

Berikut ini beberapa fakta menarik terkait Instagram yang kami ambil dari situs Investopedia, yaitu:

  1. Instagram adalah aplikasi media sosial berbagi foto dan video yang diluncurkan pada tahun 2010 oleh Kevin Systrom.
  2. Prototipe pertama Instagram adalah aplikasi web bernama Burbn, yang terinspirasi oleh kecintaan Systrom pada wiski dan bourbons yang enak.
  3. Aplikasi Instagram diluncurkan pada 6 Oktober 2010, dan mengumpulkan 25.000 pengguna dalam satu hari.
  4. Sejak awal, fokus utama aplikasi ini adalah menampilkan foto, khususnya yang diambil dengan perangkat seluler.
  5. Tepat sebelum penawaran umum perdana (IPO) Instagram pada tahun 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan tersebut senilai $ 1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.
Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Pembelajaran Inquiri Discovery

Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar