5 Jenis Tanaman Air Penghias Ruangan dan Cara Merawatnya

Reading Time: 4 minutes

Tanaman air secara ilmiah dikenal sebagai hidrofit atau tumbuhan yang hidup dan beradaptasi dengan baik di lingkungan perairan. Tanaman jenis ini bahkan tak membutuhkan media tanah untuk hidup. Tanaman ini hanya butuh air dan nutrisi yang cukup untuk berkembang layaknya tumbuhan lainnya.

Jenis tanaman air ini, kini semakin banyak diminati oleh banyak orang sebagai penghias sudut ruangan. Hal ini karena perawatan untuk jenis tanaman air dinilai lebih gampang dan memiliki nilai estetik yang tinggi sehingga cocok sebagai dekorasi sebuah ruangan.

Selain untuk mempercantik ruangan, tanaman air juga bisa menghasilkan oksigen sehingga mampu memberikan sensi sejuk dan menambah kenyamanan.

Bagi Anda yang tertarik dengan jenis tanaman air ini, berikut kami rekomendasikan untuk Anda beberapa pilihan tanaman air yang mudah perawatannya serta memiliki nilai estetik yang tinggi, yaitu :

1. Philodendron Monstera Deliciosa

Philodendron Monstera Deliciosa merupakan tanaman air yang termasuk yang paling cantik untuk dijadikan dekorasi ruangan di rumah.

Selain bisa tumbuh di medium tanah, ternyata tanaman hias yang berasal dari hutan tropis Meksiko Selatan ini juga bisa tumbuh di medium air.

Namun, saat Anda hendak menanam tanaman hias ini di air, pastikan untuk memilih batang monstera deliciosa yang masih kecil tapi yang telah berakar.

Tanaman air ini sangat mudah tumbuh dan cara merawatnya pun juga gampang. Kelebihannya lagi adalah tanaman hias air ini bisa diletakkan di dalam atau di luar ruangan.

Dalam perawatannya, Anda hanya cukup masukkan tanaman terebut ke dalam vas air, kemudian letakkan tanaman hias ini di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

2. Sirih Gading

Tanaman sirih gading atau yang sering disebut money plant merupakan salah satu tanaman air yang paling mudah bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.

Tanaman sirih gading mempunyai bentuk daun yang unik dan corak warna daun yang indah. Selain itu tanaman hias ini juga mampu menyerap polutan di dalam ruangan.

Untuk perawatannya Anda hanya perlu memotong tanaman sirih gading sepanjang kira-kira 20-30 cm yang akan dipindah ke dalam botol atau vas berisi air. Setelah itu tinggal letakkan di samping jendela atau meja kerja Anda.

3. Bambu Air

Tanaman hias yang satu ini biasanya dikenal dengan nama horsetail atau bambu air. Bambu air termasuk salah satu jenis tanaman hias air berjenis batang. Ukurannya lebih kecil dari tanaman bambu lainnya dan hanya bisa tumbuh sampai 3 meter saja.

Bambu air seringkali ditanam di kolam ikan karena bisa membantu membersihkan air dan polusi logam.

Namun, Anda juga bisa menanam tanaman hias ini di dalam vas kaca berisi air dan meletakkannya di sudut ruangan. Tapi, pastikan kalau tanaman ini mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar tumbuh subur.

Banyak yang meyakini kalau tanaman hias bambu air ini bisa mendatangkan hoki jika dirawat dengan baik di dalam rumah.

4. Aglaonema

Tanaman hias yang satu ini ternyata bisa ditanam dengan media air karena aglaonema sendiri memiliki habitat asli di hutan tropis.

Selain itu, tanaman yang kerap disebut sri rezeki ini juga tumbuh baik di area dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembapan tinggi.

Anda bisa menanam aglaonema di vas berisi kaca air dan meletakkannya di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

5. Coleus

Tanaman hias air bernama coleus adalah jenis tanaman hias paling klasik. Tanaman yang satu ini juga sering Anda jumpai tumbuh liar di pekarangan rumah. Anda bisa mengambil tanaman coleus dengan akarnya atau potong tangkainya, kemudian masukkan ke dalam vas atau wadah bening berisi air.

Tanaman hias sebenarnya memerlukan perawatan khusus agar tetap segar. Jika salah dalam perawatan, tanaman hias akan mudah layu dan juga mati. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada solusi untuk masalah ini yaitu dengan mencoba merawat tanaman hias air. Sesuai namanya, tanaman ini beradaptasi atau tumbuh dengan medium air.

Karena tumbuh dengan medium air, Anda tidak perlu repot-repot dalam perawatannya. Sebab, Anda hanya perlu memasukkan ke media pot, vas kaca, atau gelas yang diisi air, kemudian sesuaikan suhu udara yang cocok untuk tanaman tersebut. Maka tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.

Nah itulah tadi beberapa pilihan jenis tanaman air yang bisa Anda jadikan sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan, semoga bermanfaat. (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar